Bagi 1.500 Sertifikat Tanah di Takalar, Jokowi Pesan Selesaikan Sengketa Lahan

Ke 3.850 sertifikat itu meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Bantaeng, Bulukumba dan Kabupaten Jeneponto.

Bagi 1.500 Sertifikat Tanah di Takalar, Jokowi Pesan Selesaikan Sengketa Lahan
HANDOVER
Sebanyak 3850 sertifikat tanah di serahkan simbolis bagi dua orang perwakilan dari tiap kabupaten/kota oleh Presiden RI Joko Widodo di Lapangan H. Makkatang Dg. Sibali Kab. Takalar, Kamis (15/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, TAKALAR- Sebanyak 3850 sertifikat tanah di serahkan simbolis bagi dua orang perwakilan dari tiap kabupaten/kota oleh Presiden RI Joko Widodo di Lapangan H. Makkatang Dg. Sibali Kab. Takalar, Kamis (15/2/2018).

Ke 3.850 sertifikat itu meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Bantaeng, Bulukumba dan Kabupaten Jeneponto.

Tercatat penerima sertifikat terbanyak dari Kabupaten Takalar sebanyak 1500.

Presiden RJoko Widodo dalam sambutannya menegaskan agar segera menyelesaikan tanah yang bermasalah.

"Dengan sertifikat kita bisa aman dari sengketa, saya menitip pesan agar sertifikat dijaga dengan baik dan difoto copy kalau perlu dan hati-hati untuk menjadikan sertifikat sebagai jaminan ke bank, digunakan sebaik-baiknya." Jelas pesan orang nomor satu di Indonesia ini.

Untuk tahun 2018 Provinsi Sulsel ditargetkan sebanyak 9000 sertifikat tanah untuk diberikan kepada masyarakat.

Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Sofyan Jalil dalam laporannya mengatakan bahwa pembuatan sertifikat harus jelas luas lahan dan jelas status hukumnya.

"Sehingga tidak menjadi sengketa tanah, dan bisa menjadi jaminan untuk mengambil kredit KUR di Bank," katanya.

Sesuai dengan arahan dari Presiden RI, di tahun 2017 BPN telah mencapai target untuk menerbitkan sertifikat tanah sebanyak 5 juta.

Di tahun 2018 telah dicapai kembali sebanyak 7 juta penerbitan sertifikat tanah di seluruh indonesia dan tahun 2019 BPN menargetkan 9 juta sertifikat tanah sesuai dengan arahan Presiden RI.

Presiden RI bersama ibu negara dan rombongan tiba di Kabupaten Takalar disambut dengan tari 4 etnis dan disambut meriah oleh para peserta penerima sertifikat dan warga kab. Takalar.

Juga Bupati Takalar Syamsari Kitta dan Wakil Bupati Takalar Achmad Se're serta ketua DPRD Takalar juga hadir dalam penyerahan sertifikat tanah tersebut. Didampingi Menteri Kabinet Jokowi JK, Gubernur Sulsel Syahrul YL.(*)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help