TribunTimur/
Home »

Lutim

SAKIP 2017 Pemkab Luwu Timur Raih Predikat Ini

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler menerima hasil evaluasi SAKIP tahun 2017 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara

SAKIP 2017 Pemkab Luwu Timur Raih Predikat Ini
ivan/tribunlutim.com
Bupati Luwu Timur (tiga dari kiri) memperoleh predikat CC hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2017. 

Laporan Wartawan TribunLutim.com, Ivan Ismar

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur memperoleh predikat CC hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2017.

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler menerima hasil evaluasi SAKIP tahun 2017 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Asman Abnur.

Penyerahan SAKIP di wilayah III meliputi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Sulawesi, DIY, Jawa Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, berlangsung di Yogyakarta, Selasa (13/2/2018).

Husler usai menerima Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah (LAKIP) mengatakan akan berupaya maksimal agar di tahun mendatang LAKIP Luwu Timur bisa lebih baik dari tahun ini.

"Saya juga mengharapkan agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) mendukung peningkatan kualitas LAKIP," kata Husler dalam rilisnya.

Pemkab Luwu Timur meraih predikat CC dengan nilai 55,58. Hasil tersebut naik dibanding tahun 2016 hanya predikat C dengan nilai 48,04.

Adapun penilaian mencakup perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal hingga capaian kinerja.

Penilaian menunjukkan Pemkab Luwu Timur belum membangun budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil sehingga perlu dilakukan perbaikan lebih lanjut.

Menteri PAN RB, Asman Abnur mengapresiasi pemerintah daerah yang telah berupaya melakukan perbaikan bagi peningkatan efektivitas dan efisiensi birokrasi.

Menurutnya manajemen pemerintahan yang baik itu harus berorientasi pada tujuan dan sasaran yang ingin dicapai sesuai indikator yang telah ditetapkan.

"Saya harapkan para bupati, wali kota, dan sekretaris daerah agar lebih fokus dan serius memperhatikan tata kelola pemerintahan yang baik dan berorientasi hasil," pesannya.

Ada 131 kabupaten/kota yang masuk dalam kategori CC, C, dan D, Asman menekankan agar segera belajar ke pemerintah daerah lain yang sudah lebih baik.

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help