Bukan Masalah Blanko, Ini Penyebab Banyak Orang Toraja Tidak Punya e-KTP

Saat disambangi di kantornya, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Toraja Utara, Jhony Parubak mengatakan

Bukan Masalah Blanko, Ini Penyebab Banyak Orang Toraja Tidak Punya e-KTP
risnawati/tribuntoraja.com
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Toraja Utara, Jhony Parubak 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Di Kabupaten Toraja Utara masih banyak masyarakat yang belum mempunyai dan mengurus kartu identitas e-KTP.

Sesuai informasi yang didapatkan TribunToraja.com, melalui petugas pencocokan dan penelitian (coklit) KPU Toraja Utara, banyak warga di pedalaman yang belum punya e-KTP dengan alasan jauh mengurusnya.

Saat disambangi di kantornya, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Toraja Utara, Jhony Parubak mengatakan salahsatu kendala lambatnya perekaman dilakukan oleh timnya yaitu tidak tersedianya kendaraan operasional.

"Kendaraan operasional kami tidak ada, tapi saya tidak putus asa hanya karena kendaraan tapi daerah yang jauh itu saya jarang kunjungi karena tidak ada mobil," ujar Johny, Selasa (13/02/2018).

Tambahnya, kerap dirinya bersama tim pencatatan sipil dan perekaman E-KTP hanya meminjam mobil orang lain jadi tidak rutin ke kecamatan yang jauh.

"Sekarang sistem mobile, masyarakat wajib punya E-Ktp, silahkam datang di Dinas Dukcapil atau mendaftar melalui kecamatan dan kita akan layani," tambahnya.

Juga pernah berpesan pada kepala desa agar tidak berharap dan tunggu di fasilitasi dari kecamatan, tetapi ambil isentif dan betul-betul melakukan perekaman agar masyarakat terdata dengan benar.

"Kami akan seberusaha mungkin melakukan perekaman, dan pembuatan E-Ktp agar masyarakat bisa memilih bulan Juni nanti," tutupnya.

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help