Pilkada Sinjai 2018

VIDEO: Paslon Libatkan Anak-anak Untuk Kampanye, Ini Respon Panwaslu Sinjai

Penggunaan simbol milik pasangan balon bupati ini marak diposting di beberapa media sosial facebook.

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

TRIBUN-TIMUR.COM, SINJAI-- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sinjai mendalami sejumlah anak di bawah umur yang ikut menggunakan simbol pasangan balon bupati di Sinjai.

Penggunaan simbol milik pasangan balon bupati ini marak diposting di beberapa media sosial facebook.

"Maraknya anak-anak yang pakai simbol di media sosial kami mulai amati," kata Ketua Panwaslu Sinjai A Rusmin Kayyung, Senin (12/2/2018).

Rusmin menyampaikan bahwa para anak-anak tersebut memperagakan semua simbol ketiga balon bupati di Sinjai, baik pasangan bakal calon bupati Sinjai Sabirin Yahya-A Mahyanto Masda, A Seto Gadhista Asapa- A Kartini maupun Takyuddin Masse-Mizar Roem.

Dia menegaskan bahwa saat ini sementara mendalami pengupload foto-foto dibawah umur tersebut di media sosial.

Selain itu Panwaslu juga meminta masing-masing tim untuk tidak melibatkan anak dalam politik praktis terutama mengajak anak untuk memperagakan simbol milik pasangan bakal calon.

Rusmin mengatakan bahwa sikap masing-masing tim dan balon pasangan serta pendukung maupun pihak keluarga anak dibawah umur jika terbukti sengaja melakukan hal tersebut maka dapat dinilai melakukan pelanggaran eksploitasi anak dalam politik praktis.

Menurutnya kegiatan melibatkan anak dibawah umur dalam kegiatan politik praktis sangat keras dilarang dalam undang-undang perlinduangan anak dan aturan pilkada. (*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved