Pilkada Bantaeng 2018

Petani di Kecamatan Bantaeng Curhat Soal Irigasi Pertanian ke IlhamSAH

Masalah yang paling umum adalah pengairan yang membuat petani kerap gagal panen saat musim kemarau tiba.

Petani di Kecamatan Bantaeng Curhat Soal Irigasi Pertanian ke IlhamSAH
handover
Kunjungan Bacabup Bantaeng, Ilham Azikin ke beberapa wilayah di Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. 

Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Edi Hermawan

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Sejumlah petani di Kelurahan Lamalaka, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, berharap Bapaslon Bupati Bantaeng, Ilham Azikin-Sahabuddin (IlhamSAH) dapat memajukan sektor pertanian.

Lukman, petani di Kelurahan Lamalaka mengatakan kalau petani di daerah itu tidak pernah berhenti didera masalah setiap tahun.

Masalah yang paling umum adalah pengairan yang membuat petani kerap gagal panen saat musim kemarau tiba.

"Minimnya pengairan menjadi masalah di daerah ini setiap tahun. Kami berharap pasangan IlhamSAH bisa mengobati masalah itu," ujarnya dalam rilis yang diterima Tribun Bantaeng.com, Minggu (11/2/2018).

Baca: Kunjungi Tiga Desa di Eremerasa, Ini Janji IlhamSAH Untuk Sekolah

Baca: Sekjen Gerindra Titip Tiga Pesan Ini ke Pasangan IlhamSAH

Masalah lainnya adalah status kepemilikan lahan P2 yang kerap menghantui petani. Status tersebut adalah tanah negara yang dikelola oleh warga untuk dijadikan sawah.

"Petani kerap merasa waspada. Sampai sekarang, belum ada kejelasan status kepemilikan lahannya," ujarnya.

Sementara itu, Cabup Bantaeng, Ilham Azikin mengatakan, pemerintah nantinya akan hadir dengan dua tugas utama, yakni memberikan kepastian dan keteraturan.

Terkait dengan ketersediaan air irigasi, ia yakin bahwa ketersediaan air di Bantaeng sangat melimpah. Hanya saja, butuh keteraturan agar semua wilayah bisa mendapatkan distribusi air irigasi.

"Begitupun dengan status lahan P2. Memang ada standardisasi untuk lahan seperti ini. Pemerintah nantinya akan memberikan kepastian terkait hal demikian," tuturnya.(*)

Penulis: Edi Hermawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help