Peserta Family Gathering Pertamina Main Basah-Basahan di Goa Pindul Yogyakarta, Seru Banget

Goa Pindul punya daya tarik keindahan dan keunikan yang katanya tidak mungkin ada di antara goa wisata lainnya

Peserta Family Gathering Pertamina Main Basah-Basahan di Goa Pindul Yogyakarta, Seru Banget
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD FADHLY ALI
Peserta Family Gathering (Famgat) Saribattang Pertamina 2018 mengunjungi salah satu gua yang ada di Yogyakarta, Goa Pindul, Sabtu (10/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Peserta Family Gathering (Famgat) Saribattang Pertamina 2018 mengunjungi salah satu gua yang ada di Yogyakarta, Goa Pindul, Sabtu (10/2/2018).

Goa Pindul punya daya tarik keindahan dan keunikan yang katanya tidak mungkin ada di antara goa wisata lainnya. Salah satunya mitos bebatuan yang bisa membuat perkasa hingga juga awet muda.

Tour Guide Goa Pindul, Ilham yang memberi penjelasan terkait Gua terindah se-Pindul itu menuturkan, Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter, penyusuran dapat ditempuh dengan waktu normal 40-60 menit. Durasi waktu tergantung situasi, kondisi dan keinginan pengunjung sendiri.

Lebar antar dinding rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas sekitar 5 meter dan kedalaman air sungai sekitar 1-12 meter.

"Namun ada salah satu zona sempit yang hanya dapat di lewati dengan 1 ban/tubing saja. Ini adalah alasan kenapa penyusuran goa pindul hanya menggunakan ban, bukan sampan atau perahu karet. Oleh sebab itu wisata ini kami beri nama Cave Tubing Pindul," katanya.

Sebelum memasuki goa, kita wajib mengenakan jas pelampung, sepatu atau sendal khusus untuk naik ke dinding gua nantinya. Tidak lupa ban besar yang akan digunakan sebagai alat yang membantu menikmati goa.

"Tidak ada batasan usia atau jumlah minimum peserta untuk menyusuri Gua ini, karena sangat aman untuk segala usia. Dan berapapun jumlah peserta yang berkunjung, kami pengelola akan selalu siap untuk melayani dengan sebaik-baiknya di sini," ujarnya. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved