TribunTimur/

Mengapa Anda Perlu Mengukur Tekanan Darah, Ini Penjelasan Dokter

Tingkat tekanan darah diketahui mengambil dua ukuran dan biasanya diukur seperti berikut 120/80 mmHg

Mengapa Anda Perlu Mengukur Tekanan Darah, Ini Penjelasan Dokter
HANDOVER
dr Vicky Nanu Rewa Sp JP

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Tekanan darah merujuk kepada tekanan yang dialami darah pada pembuluh darah arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh anggota tubu.

"Tingkat tekanan darah diketahui mengambil dua ukuran dan biasanya diukur seperti berikut 120/80 mmHg," ungkap Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah, dr Vicky Nanu Rewa Sp JP.

Angka atas (120) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung dan disebut tekanan sistol. Angka bawah (80) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan dan disebut tekanan diastol.

Tekanan darah dalam kehidupan seseorang bervariasi.

Tekanan darah dipengaruhi oleh aktivitas fisik, di mana akan lebih tinggi saat melakukan aktivitas dan lebih rendah ketika beristirahat.

Tekanan darah dalam satu hari juga berbeda. Saat yang paling baik untuk mengukur tekanan darah adalah saat istirahat dan dalam keadaan duduk atau berbaring.

Hipertensi sering juga disebut dengan penyakit tekanan darah tinggi. Hipertensi menjadi topik pembicaraan yang hangat dan menjadi salah satu prioritas masalah kesehatan di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Karena dalam jangka panjang peningkatan tekanan darah yang berlangsung kronik (lama) akan menyebabkan peningkatan risiko kejadian serangan jantung, stroke dan gagal ginjal.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, prevalensi tekanan darah tinggi pada penduduk usia 18 tahun ke atas di Indonesia sebesar 25,8 persen artinya seperempat warga Indonesia hipertensi.

Sedangkan Survei Indikator Kesehatan Nasional 2016 menunjukkan prevalensi hipertensi pada penduduk 18 tahun keatas di Tanah Air sebesar 32,4 persen.

Halaman
12
Penulis: Hasrul
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help