Futsal Diusul Menjadi Cabor Unggulan Sulsel di PON 2020

"Kami minta AFP Sulsel segera menyusun draft programnya seperti apa supaya bisa segera diusulkan,"kata Mulyadi lagi.

Futsal Diusul Menjadi Cabor Unggulan Sulsel di PON 2020
HANDOVER
‎Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Selatan menggelar rapat kerja (raker) di Hotel Grand Celino, hari ini Jumat (9/2/2018). Turut hadir paraa pengurus AFP Sulsel, AFD Kabupaaten/kota se-Sulsel, hingga Wakil Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sulsel, Mulyadi. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ilham Mulyawan

TRIBUN TIMUR.COM, MAKASSAR - ‎Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Selatan menggelar rapat kerja (raker) di Hotel Grand Celino, hari ini Jumat (9/2/2018). Turut hadir paraa pengurus AFP Sulsel, AFD Kabupaaten/kota se-Sulsel, hingga Wakil Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sulsel, Mulyadi.

Pada rapat itu dibahas serangkaian program kerja yang akan dijalankan AFP Sulsel, di antaranya Kejuaraan Daaerah Federasi Futsal Indonesia (FFI) 2018, Kejuaraan FFI U-20, hingga Liga Futsal Nusantara.

Kendati masih berada dibawah naungan PSSI, namun cabang olahraga (cabor) Futsal oleh AFP Sulsel dinilai berhasil dalam memajukan olahraga sepakbola indoor itu, meski baru terbentuk tahun lalu.

"Karenanya, kami akan mengusulkan ke KONI Sulsel agar cabor Futsal juga menjadi olahraga andalan Sulsel di even PON (Pekan Olahraga Nasional) Papua 2020 nanti. Mengapa? Karena saya melihat AFP Sulsel sangat getol dalam menyelenggarakan even tahun lalu, bahkan sampai mencapai prestasi runner up di Kejurnas Jawa Barat,"ujar Mulyadi, Jumat (9/2/2018).

Maka, ia pun meminta KONI Sulsel agar turut memprioritaskan Futsal dalam hal peningkatan prestasi, toh ia yakin Futsal bakal menyumbang satu medali emas untuk Sulsel di PON nanti.

Mulyadi mengaku cukup percaya diri, meski sebelum PON, ada Prapon yang menjadi ajang perebutan tiket menuju PON. ‎Karena itulah ia ingin program peningkatan prestasi untuk cabor Futsal dimulai secepatnya, mengingat masih ada waktu setahun sebelum Prapon tahun 2019 mendatang.

"Kami minta AFP Sulsel segera menyusun draft programnya seperti apa supaya bisa segera diusulkan,"kata Mulyadi lagi.

Sementara itu Ketua AFP Sulsel, Abdul Sadat ‎mengatakan beberapa even-even futsal tahun ini akan menjadi wadah seleksi untuk menentukan tim terbaik untuk Prapon maupun PON dua tahun mendatang.

"Tidak mustahil target bisa tercapai, asal ada juga perhatian dari pihak-pihak terkait misal KONI, PSSI‎,"ujarnya.

Kejuaraan FFI U-20 menjadi salah satu ajang pemantauan pemain terbaik untuk tim futsal Sulsel, disamping itu beberapa pemain eks tim Sulsel pada Kejurnas Futsal 2017 juga masih bisa masuk tim mengingat usia mereka dibawah 20 tahun. Usia memang dibatasi minimal kelahiran 1997.

"‎Nanti sistem seleksi buka tutup. Dan ada tim Talent Scouting (pemantau) bakat akan kita bentuk untuk itu,"tambah Wakil Ketua AFP Sulsel, Ahmad Susanto.

Penulis: Ilham Mulyawan
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help