Baznas Pinrang Gelar Audit Internal, Ini Maksudnya

Salah seorang auditor Syahrir Haruna, mengatakan, audit internal ini dimaksudkan untuk memenuhi ketentuan pengelolaan Bazna

Baznas Pinrang Gelar Audit Internal, Ini Maksudnya
hery/tribunpinrang.com
Satuan audit internal Baznas Kabupaten Pinrang menggelar audit keuangan, manajemen, mutu dan kepatuhan. 

Laporan Wartawan TribunPinrang.com, Hery Syahrullah

TRIBUNPINRANG.COM, WATANG SAWITTO - Satuan audit internal Baznas Kabupaten Pinrang menggelar audit keuangan, manajemen, mutu dan kepatuhan.

Hal itu dilakukan berdasarkan Peraturan Badan Amil Zakat Nasional Nomor 03 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Amil Zakat Nasional Provinsi dan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten/Kota.

Salah seorang auditor Syahrir Haruna, mengatakan, audit internal ini dimaksudkan untuk memenuhi ketentuan pengelolaan Baznas terkait dengan pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan transaksi zakat dan infak.

"Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana penerapan laporan keuangan pada Badan Amil Zakat Kabupaten Pinrang. Apakah telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 109 tentang akuntansi zakat dan infaq/sedekah," tuturnya dalam rilis yang diperoleh TribunPinrang.com, Jumat (9/2/2018).

Selain itu, kata Syahrir, hal tersebut juga merupakan upaya implementasi dari PMA Nomor 13 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama.

"Jadi yang kami lakukan sesuai dengan yang tertera dalam aturan," ujarnya.

Syahrir menambahkan, adapun yang menjadi poin urgen dalam audit internal itu adalah aspek organisasi.

"Aspek organisasi itu meliputi kelembagaan, periode kepengurusan, pengelolaan administrasi, pemberdyaan, serta jumlah muzakki dan mustahiq di Kabupaten Pinrang," pungkasnya.

Terpisah, Wakil Ketua III Baznas Kabupaten Pinrang Abd Samad Samauna megatakan, jumlah muzakki yang terdata di Kabupaten Pinrang sebanyak 3.859 orang, sedangkan jumlah mustahiq sebanyak 3.350 orang.

"Begitulah yang tertera dalam data kami," ucapnya.

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help