Pilgub Sulsel

Prof Aminuddin Ilmar-Ichsan YL Terlibat Tanya Jawab, Singgung Pendidikan Gratis

Terakhir, Prof Aminuddin bertanya mengapa mengambil keputusan untuk kuliah dan membahas pendidikan di Unhas bukan di UNM

Prof Aminuddin Ilmar-Ichsan YL Terlibat Tanya Jawab, Singgung Pendidikan Gratis
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN
Ichsan Yasin Limpo (IYL) promosi doktor di Auditorium Amiruddin, Unhas, Kamis (8/2/2018) pagi. TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasim Arfah

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -Ko-Promotor Promosi Doktor Fakuktas Hukum (FH) Unhas, Prof Aminuddin Ilmar SH MHum MH mempertanyakan masalah pendidikan gratis.

"Banyak tanggapan mengenai promovendus terkait pendidikan gratis? Padahal, biar bagaimana pun negara pasti mensubsidi pendidikan ini," kata Prof Aminuddin bertanya ke Ichsan.

"Masalah pendidikan gratis itu adalah amanah undang-undang, mengapa Prof M Yamin mencantumkan mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya.

Ia pun menjelaskan, pendidikan dasar harus 9 tahun.

"Pemerintah wajib membiayainya, maaf saya anggap harus ada pendidikan gratis karena ini adalah undang-undang dasar 1945. Kenapa harus gratis karena negara mau hadir bahwa mereka berhutang kepada negara," katanya.

Terakhir, Prof Aminuddin bertanya mengapa mengambil keputusan untuk kuliah dan membahas pendidikan di Unhas bukan di Universitas Negeri Makassar (UNM)?

"Kalau masalah teknis sangat penting di UNM tapi jika kita ingin mengembalikan pendidikan Indonesia ke jalan yang benar maka saya harus masuk ke Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, karena kita bisa mengubah aturannya, supaya pendidikan kita kembali ke undang-undang dasar," katanya.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Prof Farida P SH MH, pun memuji jawaban terakhir Ichsan YL. (*)

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved