TribunTimur/
Home »

Barru

Dirjen Kementerian Desa Resmikan 'Rice Milling' di Barru, Ini Harapannya

Kawasan pembangunannya sendiri dipilih karena memenuhi unsur Gunung Rimba dan Laut (Gurila) yang dicanangkan

Dirjen Kementerian Desa Resmikan 'Rice Milling' di Barru, Ini Harapannya
akbar/tribunbarru.com
Direktorat Jenderal (Dirjen) Bidang Pembangunan Kawasan Perdesaan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Ahmad Erani Yustika meresmikan penggunaan bantuan 'Rice Milling' (Penggilingan padi) di Kabupaten Barru. Peresmian Rice Milling tersebut berlangsung di Desa Anabanua, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Kamis (8/2/2018). 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU. COM, BARRU - Direktorat Jenderal (Dirjen) Bidang Pembangunan Kawasan Perdesaan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Ahmad Erani Yustika meresmikan penggunaan bantuan 'Rice Milling' (Penggilingan padi) di Kabupaten Barru.

Peresmian Rice Milling tersebut berlangsung di Desa Anabanua, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Kamis (8/2/2018).

Proyek Rice Miling itu sebelumnya mulai dikerjakan sejak November 2017 lalu.

Kawasan pembangunannya sendiri dipilih karena memenuhi unsur Gunung Rimba dan Laut (Gurila) yang dicanangkan oleh Kementerian Desa PDTT untuk pengembangan kawasan pedesaan.

Selanjutnya pengelolaannya diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDES) Pituwanua.

Menurut Dirjen Ahmad Erani, bahwa pembangunan Rice Milling tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian.

"Proyek Rice Miling ini dibangun dari alokasi APBD senilai Rp 1 Miliar lebih. Rice Miling ini dibangun dengan tujuan untuk membantu peningkatan kesejahteraan dan mengatasi kendala-kendala yang dialami oleh para petani utamanya dalam mengolah hasil pertaniannya," jelas Ahmad Erani dalam sambutannya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa program Rice Miling tersebut juga di fasilitasi dengan bantuan mesin penggilingan padi yang baik.

Sehingga diharapkan para petani dapat menciptakan produk hasil pertanian dengan kemasan sendiri.

"Kita berharap hadirnya Rice Milling ini petani dapat mengolah sendiri hasil pertaniannya dan menciptakan hasil olahan padi dengan kemasan sendiri sehingga dapat menjadi promosi bagi Kabupaten Barru untuk didistribusikan ke daerah-daerah lainnya," tutur Ahmad Erani.

Sementara itu, Bupati Barru Suardi Saleh mengapresiasi adanya bantuan Rice Milling tersebut.

Menurutnya dengan adanya Rice miling itu diharapkan mampu mendukung  pengembangan kawasan desa agrowisata serta penguatan Bumdes di Kabupaten Barru.

"Pengelolaan Rice Milling ini ke depan  akan kita serahkan ke Bumdes bersama yang telah dibentuk. Dan Rice Milling ini akan diarahkan untuk memproduksi beras organik, sehingga dapat mendukung pengembangan kawasan pedesaan yang ada di Barru," ujar Suardi Saleh.

Penulis: Akbar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help