BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Sulsel 2018 Kisaran 7,0%-7,4%

Diprakirakan tetap kuat pada Triwulan I 2018, didukung oleh optimisme masyarakat dan konsumsi rumah tangga yang tetap tinggi.

BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Sulsel 2018 Kisaran 7,0%-7,4%
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN
Direktur Bidang Sistem Pembayaran Uang Rupiah BI KP Sulsel, Amalison Sembiring 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Kinerja ekonomi Sulsel diprakirakan tetap kuat pada Triwulan I 2018, didukung oleh optimisme masyarakat dan konsumsi rumah tangga yang tetap tinggi.

Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), Dunia usaha optimis pertumbuhan kegiatan usaha di Sulawesi Selatan pada Triwulan I – 2018 kembali meningkat, tercermin dari kenaikan SBT dari 20,08 (triwulan IV – 2017) menjadi 33,88% terutama didorong oleh peningkatan pada sektor pertanian, peternakan, kehutanan & perikanan, seiring dengan masuknya musim panen.

Direktur Bidang Sistem Pembayaran Uang Rupiah BI KP Sulsel, Amalison Sembiring pada rilis bulanan di Gedung BI lantai 4 Jl Jenderal Sudirman Makassar, Rabu (7/2/2018) menuturkan, sejalan dengan hal tersebut, penjualan ritel di Sulsel juga mengalami peningkatan dibanding sebelumnya.

"Hal tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) pada bulan Tw I-2018 tercatat sebesar 133,90 meningkat secara triwulanan sebesar 1,43 (qtq) secara tahunan atau 6,34% (yoy)," katanya.

Peningkatan IPR secara triwulanan maupun tahunan terutama terjadi pada barang aksesoris dan suku cadang kendaraan yang disebabkan oleh peningkatan servis kendaraan pasca liburan.

Kuatnya konsumsi di Sulsel juga terlihat dari optimisme masyarakat. Hasil Survei Konsumen menunjukkan optimisme masyarakat mengalami peningkatan pada Triwulan I – 2018, tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada triwulan I-2018 sebesar 130,58, meningkat dari triwulan sebelumnya sebesar 123,78.

"Peningkatan Optimisme masyarakat terutama didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi tercatat sebesar 130,67 meningkat dari periode sebelumnya sebesar 118,83 didorong oleh peningkatan penghasilan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi tercatat sebesar 130,50 juga meningkat dari periode sebelumnya sebesar 128,72 terutama didorong oleh peningkatan ekspektasi kegiatan dunia usaha dan penghasilan.

"Pertumbuhan Ekonomi Sulsel tahun 2018 diperkirakan tetap tinggi dengan kisaran 7,0% - 7,4%. Ekonomi Sulsel akan terus melanjutkan perbaikan terutama ditopang permintaan domestik," katanya.

Hal tersebut diprakirakan didukung oleh peningkatan pagu anggaran untuk APBN dan pengelolaan anggaran yang lebih baik serta perbaikan aktivitas ekspor, seiring trending up harga internasional nikel dan coklat serta peningkatan ekonomi mitra dagang utama.

Disamping itu, munculnya kelas menengah baru diimbangi dengan tambahan investasi (pembangunan perumahan, rumah sakit, perguruan tinggi, dan pusat perbelanjaan baru), dan berkembangnya hilirisasi agroindustri, pariwisata, dan jasa kesehatan serta perkiraan beroperasinya beberapa proyek infrastruktur pada tahun 2018 seperti Makassar New Port akan mendorong ekonomi Sulsel tumbuh lebih tinggi. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved