Travelstory

Ziarah Makam Nabi Hud as kala Musim Dingin di Yaman

Makam nabi yang diutus oleh Allah Swt, kepada kaum 'Ad ini terletak di Syi'ib Hud, salah satu lembah kecil di Hadhramaut, Yaman

Ziarah Makam Nabi Hud as kala Musim Dingin di Yaman
CITIZEN REPORTER
Penziarah lagi Membaca Yasin di depan Makam 

Yunalis Abdul Gani BSc

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Al Ahgaff  asal Indonesia

Melaporkan dari Tarim, Yaman

TRIBUN-TIMUR.COM-Dalam liburan musim dingin kali ini, saya bersama beberapa rekan Indonesia di Hadhramaut, provinsi terbesar di Yaman, berkesempatan untuk menziarahi salah satu makam nabi sekaligus rasul 25 yang wajib diketahui, yakni nabi Hud as.

Nama lengkapnya adalah Hud as, bin Syalikh bin Arfakhsyaz bin Saam bin Nuh hingga berlanjut ke nabi Adam 'alaihimussalam.

Makam nabi yang diutus oleh Allah SWT, kepada kaum 'Ad ini terletak di Syi'ib Hud, salah satu lembah kecil di Hadhramaut, Yaman, tepatnya berjarak 80 km dari kota Tarim –kota saat ini saya berdomisili.

Makam Nabi Hud dari samping
Makam Nabi Hud dari samping (CITIZEN REPORTER)

Tepat pukul 7.30 waktu Yaman, kami berjumlah tujuh orang berangkat dari Tarim ke makam tujuan dengan menggunakan mobil Abu Asyarah (sebutan untuk mobil yang disediakan untuk 10 orang penumpang).

Meskipunini bukan ziarah akbar, namun kami tetap mengikuti tata tertib ziarah yang telah berlaku dari zaman nenek moyang, yaitu mampir sejenak di pemakaman Inat. Pemakaman pasir keramat ini adalah komplek makam Syekh Abu Bakar bin Salim, terletak di sebelah timur kota Tarim.

Setelah beberapa saat singgah disana, kami melanjutkan perjalanan. Sepanjang perjalanan, kami disuguhi dengan bukit-bukit batu berdiri teguh dan padang pasir yang menghampar luas dan tandus. Selain itu, terkadang mata menyorot serentetan sarang perumahan lebah yang berjejer sepanjang jalan.

Perjalanan kian asik dan enjoy dengan suara lantunan selawatan yang diputar oleh sang supir. Memang, biasanya para pengemudi mobil dan angkutan di Tarim memutar lagu-lagu nan bernuansa islami, seperti kasidah, selawatan dan sebagainya.

Kubah Makam Habi Hud dipadati peziarah saat Ziarah Akbar
Kubah Makam Habi Hud dipadati peziarah saat Ziarah Akbar (CITIZEN REPORTER)
Halaman
12
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help