STIKes Mega Rezky Gelar Penyuluhan Generasi Muda Anti Narkoba di Tiga Kabupaten

Penyuluhan diberikan di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Takalar, Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Sinjai

STIKes Mega Rezky Gelar Penyuluhan Generasi Muda Anti Narkoba di Tiga Kabupaten
Handover
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mega Rezky Makassar melakukan penyuluhan narkoba diberikan di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Takalar, Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Sinjai, Rabu- Sabtu (24-27/1/2018). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mega Rezky Makassar melakukan salah satu wujud tri dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian pada masyarakat.

Hal tersebut dilakukan dengan melakukan roadshow penyuluhan kepada generasi muda di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penyuluhan diberikan di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Takalar, Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Sinjai, Rabu- Sabtu (24-27/1/2018).

Dikutip dari rilis Humas, Minggu (28/1/2018), kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan bentuk kepeduliaan dan kekhawatiran STIKes Mega Rezky menyikapi peredaran Narkoba yang semakin gencar pada generasi muda.

Penyuluhan dilakukan program studi (prodi) S1 Administrasi Rumah Sakit (ARS) bertajuk “Sulsel Sehat, Generasi Muda Anti Narkoba”. Kegiatan ini dihadiri sekitar 500 peserta siswa siswi dari enam SMA di Sulsel.

Enam sekolah menengah atas yang telah dikunjungi diantaranya SMA 1 Kabupaten Takalar, SMA 1 Bantaeng, SMA 2 Bantaeng, MAN 1 Sinjai, SMA 7 Sinjai dan SMA 10 Kabupaten Sinjai.

Kegiatan ini direspon sangat positif oleh pihak sekolah. Kepala Sekolah SMA 1 Kabupaten Takalar, Drs H Muh Ali MPd mengaku sangat senang dengan hadirnya tim pengabdian masyarakat STIKes Mega Rezky yang telah memberikan penyuluhan terkait bahaya Narkoba.

Tak hanya kepala sekolah yang menunjukkan antusiasme terhadap kegiatan ini, namun juga siswa. Salah satunya Muh. Teguh Saputra, siswa SMA 1 Takalar yang menanyakan penyebab kasus Narkoba terus meningkat padahal pemerintah telah melakukan banyak upaya untuk mencegah peredaran Narkoba.

Kepala Sekolah MAN 1 Kab. Sinjai, H. Syamsudin., S. Ag., M.Pd.I sangat mendukung kegiatan STIKes Mega Rezky yang terjun langsung ke lapangan memberikan penyuluhan terkait Narkoba kepada siswa siswi di Sulsel.

"Kegiatan ini merupakan sebuah kesyukuran yang luar biasa dan ia berharap dapat menjadi berkah bagi peserta dan panitia pelaksana kegiatan," ujarnya.

Beberapa materi penting yang disampaikan dalam penyuluhan tersebut diantaranya ciri-ciri Narkoba, Prilaku pemakainya, cara mempertahankan diri dari bahaya Narkoba dan berbagai materi menarik lainnya tentang Narkoba.

Tak hanya materi, namun ada sesi diskusi dan tanya jawab serta pembagian hadiah kepada siswa-siswi SMA.

Kegiatan penyuluhan se-Sulsel ini juga diselingi kegiatan sosialisasi STIKes Mega Rezky dan prodi S1 ARS kepada siswa-siswi sebagai upaya mempererat tali silaturhami prodi dengan siswa siswi se-Sulsel.

Sekitar empat hari, tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari empat Dosen S1 ARS yaitu Hadrianti HD Lasari, SKM MPH selaku koordinator umum, Suci Rahmadani SKM MKes selaku sekertaris, Dewi Astuti SKM MARS selaku bendahara, Andi Awaliya Anwar SKM MARS selaku Koordinator Wilayah dan Risma Ariyanti S.ST selaku staf prodi.

Turut serta juga, lima mahasiswa; A. Surya Abdi selaku Ketua Keluarga ARS, Surya Engriani Hikmah, Elsinta Agustina, Hawiyah Dwiyanti dan Indah Cahya Lestari. (*)

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved