Petugas Kesehatan di Enrekang Bakal Datangi Rumah Warga, Ini Tujuannya

Untuk mendapatkan data kesehatan yang real seluruh petugasnya akan melakukan kunjungan door to door ke rumah warga.

Petugas Kesehatan di Enrekang Bakal Datangi Rumah Warga, Ini Tujuannya
muh azis albar/tribunenrekang.com
Puskesmas Kota Enrekang mengumpulkan 165 petugas Pustu untuk diberikan sosialisasi program Pendekatan Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Jumat (26/1/2018). 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Puskesmas Kota Enrekang mengumpulkan 165 petugas Pustu untuk diberikan sosialisasi program Pendekatan Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Jumat (26/1/2018).

Program PIS-PK tersebut merupakan program nasional terbaru yang harua dilaksanakan oleh seluruh Puskesmas. Menurut Kepala Puskesmas Kota Enrekang, Sri Siswaty Zaenal, program PIS-PK tersebut bertujuan untuk mendapatkan data kesehatan keluarga.

Sehingga dapat mencegah dan mengurangi resiko penyakit kesehatan yang dihadapi individu, keluarga dan masyarakat.

"Jadi kita kumpulkan 165 petugas dari 20 Pustu yang ada di Kecamatan Enrekang, untuk diberi pemahaman terkait hal program ini," kata Sri kepada TribunEnrekang.com.

Baca: Begini Cara Puskesmas Padongko Ajak Lansia Terapkan Hidup Sehat

Baca: Kasus Asusila di Enrekang Marak, Ini Kata Kepala Puskesmas Kota

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan data kesehatan yang real seluruh petugasnya akan melakukan kunjungan door to door ke rumah warga. Tujuannya mendapatkan data kesehatan yang faktual dari setiap individu dalam satu keluarga.

Khusus untuk Kecamatan Enrekang ada 44.580 jiwa, yang terdiri dari 8.088 kepala keluarga (KK) yang akan didata oleh petugas Puskesmas Kota Enrekang.

"Jadi data yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk lakukan mapping atau pemetaan tindakan pelayanan kesehatan selanjutnya," ujar Sri.

Ia menambahkan, dari data itu pula akan bisa diprediksi derajat kesehatan masyarakat Enrekang ke depannya. Seperti penyakit apa yang akan menjadi fokus perhatian untuk dicegah di masa mendatang.(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved