BSN Dukung Unismuh Jadi Lembaga Sertifikasi Person

Unismuh Makassar melakukan penjajakan untuk menjadi Lembaga Sertifikasi Person (LSP) kepada Badan Standardisasi Nasional (BSN).

BSN Dukung Unismuh Jadi Lembaga Sertifikasi Person
HANDOVER
Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melakukan penjajakan untuk menjadi Lembaga Sertifikasi Person (LSP) kepada Badan Standardisasi Nasional (BSN). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melakukan penjajakan untuk menjadi Lembaga Sertifikasi Person (LSP) kepada Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Hal tersebut disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi Unismuh Makassar, Ismail Rasulong MM, saat audiensi dengan Plh Kepala Kantor Layanan Teknis BSN Makassar, Teguh Budiono, Kamis (25/1/2018).

Lebih lanjut Ismail yang dalam pertemuan ini didampingi Dr. Buyung Romdoni dan Faidul Adzim, M.M, menyampaikan maksud dan tujuan UNISMU menjadi LSP adalah untuk meningkatkan daya saing SDM di Sulawesi Selatan.

Ismail menilai kedepan kompetensi person Sumber Daya Manusia (SDM) membutuhkan sertifikasi agar mudah untuk dapat diakui dan dipercaya.

“Kami sadar bahwa kedepan sertifikasi person sangat dibutuhkan sebagai bukti kompetensi yang dimiliki mahasiswa," ujar Ismail.

Teguh Budiono menyambut baik rencana Unismuh mendirikan LSP di Makassar. Karena pasca pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN, ada delapan profesi yang terkena dampak kebijakan pasar bebas yang tertuang dalam ASEAN Mutual Recognition Arrangement (MRA).

Delapan profesi yang diakui dan menjadi pasar bebas tenaga kerja di ASEAN adalah Insinyur, Arsitek, Tenaga Pariwisata Praktisi Medis, Akuntan, Dokter Gigi, Tenaga Survey, dan Perawat.

"Sesuai kesepakatan yang sudah dilakukan negara-negara ASEAN, profesi yang disepakati hanya 8 profesi saja, spesifik dan tidak umum," ujar Teguh.

Untuk memastikan kompetensi SDM tersebut harus dapat dibuktikan melalui kemampuan dengan sertifikasi kompetensi person.

“Sebagai bukti mereka punya skill khusus ya harus diuji komptensinya," jelas Teguh.(*)

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help