LPPOM MUI Sulsel Terapkan Sistem Online Pengajuan Sertifikasi Halal

Di Sulsel tercatat baru 199 UMKM, Restoran dan Hotel yang mengantongi Sertifikat Halal hingga 2018 dari MUI

LPPOM MUI Sulsel Terapkan Sistem Online Pengajuan Sertifikasi Halal
Handover
Hotel Aston Makassar menerima penghargaan sebagai Duta Halal & Pelopor Dapur Halal Hotel dari Lembaga Pengawasan Produk Obat dan Makanan (LPPOM) MUI Sulsel. Penghargaan tersebut diterima General Manager Hotel Aston Makassar, Joko Budi Jaya yang diserahkan oleh Direktur LPPOM MUI Sulsel, Tajuddin Abdullah di Hotel Aston Makassar, Sabtu (20/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Restoran dan Hotel diharapkan mengantongi Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mendukung program Wisata Halal.

Di Sulawesi Selatan (Sulsel) tercatat baru 199 UMKM, Restoran dan Hotel yang mengantongi Sertifikat Halal hingga 2018 dari MUI sebagaimana data dari Lembaga Pengawasan Produk Obat dan Makanan (LPPOM) MUI Sulsel.

"Dari 199 tersebut, hanya ada dua hotel selebihnya UMKM, karena memang UMKM prosesnya lebih mudah dan cepat," ungkap Direktur LPPOM MUI, Tajuddin Abdullah saat pelatihan Sistem Jaminan Halal di Aston Makassar, Jumat (19/1/2018).

Untuk mempercepat proses sertifikasi halal bagi UMKM, Restoran dan Hotel, LPPOM MUI Sulsel akan menerapkan sistem online mulai Maret 2018 mendatang untuk pengisian formulir pengajuan sertifikat halal.

Sistem online tersebut diharapkan dapat mempercepat pelaku UMKM, Restoran dan Hotel di Sulsel dalam mengajukan sertifikat halal agar Wisata Halal di Sulsel bisa terwujud.

"Nantinya mereka hanya mengajukan secara online dengan mengisi formulir yang ada, setelah itu kami turun lakukan verifikasi, jadi prosesnya cepat," kata Tajuddin.

Pada saat verifikasi, bisa saja pihak LPPOM MUI Sulsel meminta pelaku UMKM, Restoran dan Hotel mengganti nama menu dan bahan yang digunakan.(*)

Penulis: Hasrul
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved