Konsultasi Kesehatan

Suntik KB Dilepas, Namun Belum Hamil Juga

Kondisi yang ibu rasakan saat ini dalam istilah medis disebut "Amenore Sekunder" kondisi ini terjadi Akibat efek penekanan (inhibisi) hormon

Suntik KB Dilepas, Namun Belum Hamil Juga
int
suntik kb

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM-HEALTH. Sy prempuan berusia 33 thn sdh menikh n 1 anak umur 2,8 thn. Sy ingin mnmbh anak lg tp smpe skr sy tdk prnh haid wlaupn suntikan kb sy sdh dilepas, Sy pernah ke dokter kndugn n diberi obat pelncr haid tp smpe skr haid sy blm dtg2 jg, mksh dok.. smg ad ptnjk

+6285397690112

Jawaban:

Waalaikumusalam warahmatullahi wabarakatu

Kondisi yang ibu rasakan saat ini dalam istilah medis disebut "Amenore Sekunder" kondisi ini terjadi Akibat efek penekanan (inhibisi) hormon KB/Kontrasepsi suntik dalam hal ini Hormon Progesterone terhadap siklus haid.

Pada mekanisme kontrasepsi efek ini penting untuk menekan kesuburan atau proses pelepasan sel telur (ovulation) sehingga sangat efektif untuk mencegah kehamilan.

Pada beberapa kasus efek tersebut masih bisa terjadi walaupun akseptor/Ibu telah berhenti suntik KB hormon, untuk meregulasi kembali siklus haid ibu diperlukan therapy hormon untuk menstimulasi siklus haid kembali.

Prinsipnya bahwa jika haid belum teratur maka ovulasi/pelepasan sel telur/kesuburan belum terjadi jadi kunci utama adalah induksi haid.

Saran kami konsultasi kembali ke Dokter untuk di lakukan pemeriksaan, jika tidak ada kelainan organik maka dapat dilakukan stimulus/induksi siklus haid dengan pemberian terapi hormonal agar siklus haid ibu kembali normal dan ovulation dapat terjadi kembali selanjutnya ibu Insyaallah dapat hamil kembali.(*)

Dokter spesial kandungan

Dr dr Nasrudin AM SpOG MARS

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help