Diperiksa Panwaslu, ASN Maros ini Terancam Dipecat, Ini Masalahnya

Ketua Panwas Maros, Sufirman mengatakan, pihaknya telah memergoki Azhar menghadiri rapat pleno di KPUD bersama tim sukses IYL-Cakka

Diperiksa Panwaslu, ASN Maros ini Terancam Dipecat, Ini Masalahnya
Handover
Seorang ASN kantor camat Tompobulu, Maros, Azhar diperiksa oleh Panwas Maros lantaran kedapatan salam punggawa dan menghadiri rapat pleno verifikasi faktual calon perseorangan di kantor KPUD Maros, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN TIMUR.COM, MAROS - Seorang ASN kantor camat Tompobulu, Maros, Azhar, dinyatakan telah melanggar pasal 2 huruf f Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang, Aparatur Sipil Negara Jo Pasal 11 huruf C Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS.

Ketua Panwas Maros, Sufirman mengatakan, Minggu (14/1/2018) pihaknya telah memergoki Azhar menghadiri rapat pleno di KPUD bersama tim sukses IYL-Cakka beberapa waktu lalu.

"Kami juga sudah rapat pleno. Hasilnya, kami menganggap sangat layak untuk ditindaklanjuti dan diajukan ke Komisi Etik ASN. Nanti jenis sanksinya, akan ditentukan oleh Komisi Kode Etik ASN," katanya.

Sufirman mengimbau, ASN tidak terlibat politik praktis. Pihanya akan lebih memperkuat pengawasan dalam setiap tahapan Pemilu. Setiap ASN yang ditemukan, terancam pemecatan.

Menurutnya, salah satu tingkat kerawanan tertinggi dalam Pemilu yakni politik uang dan keterlibatan ASN. Hal tersebut merupakan jenis pelanggaran yang kerap terjadi.

"Berdasarkan Undang-undang nomor 10 tahun 2016 maupun dalam kesepakatan bersama antara Bawaslu RI dengan KSN, kami harus fokus pada netralutas ASN dalam pemilu," katanya.
Indikasi keterlibatan pelaku diperkuat dengan adanya sejumlah bukti berupa foto. Foto tersebut juga telah diunggah pelaku ke akun facebooknya.

Dalam foto tersebut, Azhar meniru gaya IYL-Cakka dan mengenakan baju berwarna putih bertuliskan Punggawa. Seharusnya, ASN tidak terlibat dalam politik atau mendukung paslon tertentu.

"Dua meniru semua gaya salah satu paslon. Dia meniru jargon yang menjadi simbol bakal pasangan calon. Foto itu telah diunggah oleh bersangkutan ke akun facebook atas nama Azhar Acca Maros," katanya.

KET FOTO: Seorang ASN kantor camat Tompobulu, Maros, Azhar diperiksa oleh Panwas Maros lantaran kedapatan salam punggawa dan menghadiri rapat pleno verifikasi faktual calon perseorangan di kantor KPUD Maros, beberapa waktu lalu.

Penulis: Ansar
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help