Tahun Ini, Soppeng Optimis Bebas Perilaku BABS

Ketika gerakan SoBAT dideklarasikan bulan Agustus 2017 lalu, jumlah warga tanpa jamban sebanyak 4.750 Kepala Keluarga (KK).

Tahun Ini, Soppeng Optimis Bebas Perilaku BABS
handover
Kepala Bappelitbangda Soppeng, Dipa 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Sudirman

TRIBUN-TIMUR.COM, SOPPENG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng optimis tahun 2018, Soppeng bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Kepala Bappelitbangda Soppeng, Dipa mengatakan, progress yang dicapai untuk menuntaskan warga tanpa jamban tahun 2017 luar biasa cepat.

Penyelesaian tahun 2018, akan dilakukan dengan skenario yang lebih baik dan dukungan pendanaan beberapa sumber yang dilakukan melalui Gerakan Soppeng Bebas Ancaman Tinja (SoBAT).

Ketika gerakan SoBAT dideklarasikan bulan Agustus 2017 lalu, jumlah warga tanpa jamban sebanyak 4.750 Kepala Keluarga (KK).

Gerakan SoBAT mampu menuntaskan 1.223 KK melalui pembangunan tangki septik kedap yang berasal dari hibah tangki septik dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitasi dari Pemerintah Pusat, APBD Perubahan dan Dana Desa.

Tahun ini, jumlah KK yang akan dituntaskan lebih banyak lagi yakni sebanyak 3.572 KK.

Untuk menuntaskannya telah disusun skema pendanaan dari berbagai sumber seperti DAK, Hibah Tangki Septik dan Dana Desa serta CSR pihak swasta.

Pihaknya optimis karena jumlah DAK Sanitasi yang diperoleh Kabupaten Soppeng melonjak jauh dari tahun lalu.

"Tahun lalu kita mendapatkan DAK Sanitasi 2,5 Miliar. Tapi tahun ini meningkat empat kali lipat menjadi 8,5 Miliar lebih," tambah Dipa. (*)

Penulis: Sudirman
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved