Hati-hati, Angin Kencang Diprediksi Landa Sulsel, Bisa Tumbangkan Pohon Besar dan Reklame

Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi Geofisika (BMKG) IV Makassar keluarkan imbauan akan adanya angin ekstrim di Sulsel.

Hati-hati, Angin Kencang Diprediksi Landa Sulsel, Bisa Tumbangkan Pohon Besar dan Reklame
Awan tebal menutupi kota Makassar, Rabu (18/10). Hujan disertai angin kencang yang terjadi membuat harga komoditi laut mengalami sedikit peningkatan. tribun timur/muhammad abdiwan 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Darul Amri Lobubun

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi Geofisika (BMKG) IV Makassar keluarkan imbauan akan adanya angin ekstrim di Sulsel.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Siswanto mengungkapkan imbauan angin ekstrim itu dirilis per-tanggal 13 Januari 2018, atau hari ini.

"Kami sudah merilis imbauan tentang akan adanya potensi angin ekstrem di wilayah Sulawesi Selatan di website kami," kata Siswanto, Sabtu (13/1/2018).

Angin disertai curah hujan yang sedang hingga lebat, tercatat di BMKG Makassar, 113 mm, di Stasiun Paotere, 103 mm, dan di Stamet Hasanuddin, 85 mm.

Siswanto menyebutkan, kecepatan angin ekstrem atau kencang, itu bisa capai 40 Km perjam.

Kndisi angin seperti ini bisa menumbangkan pohon besar.

"Kecepatan angin hingga 40 kilometer perjam ini tentu sangat ekstrem, karena bisa tumbangkan pojon dan terbangkan baligho yang ada di jalan," jelasnya.

Normalnya kecepatan angin di wilayah Sulawesi Selatan, kata Siswanto hanya 25 Kilometer perjam hingga 30 Kilometer perjam

"Jadi hati-hati saja kepada masyarakat Sulsel, apalagi bagi mereka yang lagi berkendara dan tiba-tiba hujan dan angin agar segera berteduh," tambahnya. (*)

Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help