Penerimaan Mahasiswa Baru 2018

Anda Calon Mahasiswa Baru? Ini Jalur Pendaftaran Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Menristek-Dikti meresmikan dimulainya kegiatan SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018

Anda Calon Mahasiswa Baru? Ini Jalur Pendaftaran Masuk Perguruan Tinggi Negeri
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Calon Mahasiswa melakukan pendaftaran SBMPTN 2014 di Lab ICT Phinisi Kampus Universitas Negri Makassar (UNM), Senin (12/5/2014). UNM menyediakan lab komputer guna membantu calon mahasiswa baru agar tidak keliru dalam melakukan registrasi pendaftaran SBMPTN 2014. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

Laporan Wartawan Tribun Timur Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek-Dikti) Mohammad Nasir, resmi meluncurkan dimulainya kegiatan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018, di auditorium utama Kemenristekdikti Jumat kemarin.

Demikian siaran pers Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2018, Ravik Karsidi (Rektor Universitas Sebelas Maret) yang diterima tribuntimur.com, Sabtu (13/1/2018).

Hadir pada peresmian pejabat di lingkungan Kemenristekdikti, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, para Rektor PTN seluruh Indonesia, serta Wakil dari beberapa Sekolah SMA/SMK/MA.

Berdasar regulasi yang telah ditetapkan, jalur Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN tahun 2018 dirinci menjadi tiga yaitu;

1. Jalur SNMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS);

2. Jalur SBMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode Ujian Tulis
Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

3. Seleksi Mandiri, yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN dan dapat memanfaatkan nilai hasil SBMPTN.

Mengenai jumlah alokasi daya tampung 100 % pada setiap program studi PTN untuk ketiga
jalur tersebut distribusinya sebagai berikut:

a. SNMPTN paling sedikit 30%;
b. SBMPTN paling sedikit 30%; dan
c. Seleksi Mandiri paling banyak 30%.

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help