TribunTimur/

Ini Rencana Pemkab Toraja Utara Atasi Macet Menuju Kete Kesu

Ia mengatakan, sudah bertemu dengan Ketua Yayasan Kete Kesu dan berdiskusi, hasilnya yaitu ada dua alternatif yang dibicarakan

Ini Rencana Pemkab Toraja Utara Atasi Macet Menuju Kete Kesu
risnawati/tribuntoraja.com
Jalan menuju Objek Wisata Kete Kesu, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, macet hingga 2 kilometer, Kamis (4/01/2018)

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Pemkab Toraja Utara berencana mengfasilitasi dan mengatasi macet yang kerap terjadi di jalan menuju Objek Wisata Kete Kesu.

Melalui Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) Toraja Utara, Pemkab ingin mengembangkan objek tersebut namun terkendala oleh beberapa hal.

Hal itu dikatakan, Kadis Disbudpar Toraja Utara Harli Patriatno kepada TribunToraja.com di ruang kantornya, Jl Ahmad Yani, Rantepao, Toraja Utara, Jumat (12/01/2018).

Ia mengatakan, sudah bertemu dengan Ketua Yayasan Kete Kesu dan berdiskusi, hasilnya yaitu ada dua alternatif yang dibicarakan yaitu jalan diperlebar yang sawah kanan dan kiri atau yang sawah dibuatkan parkiran besar.

"Status lahan masih milik keluarga yayasan, perlu mereka bicarakan dulu dan masalah dana dari Pemkab kita ketahui keuangan daerah lagi terbatas", tutur Harli.

Menurutnya jalan yang baik, jika memungkinkan kerjasama Pemkab dan pemilik lahan tersebut, dimana pemilik lahan menyiapkan lahan dan Pemkab akan membangun fasilitas yang dibutuhkan.

Tambahnya ada alternatif lain yang ditawari oleh yayasan, yaitu jalan lingkar yang bisa mengatasi kemacetan, karena diketahui jalan poros yang saat melintas di Objek Wisata Kete Kesu adalah jalan poros ke beberapa kampung.

"Namun alternatif itu kita belum iyakan dan pastikan, karena ini membutuhkan biaya besar, kami akan koordinasi dulu sebaik-baiknya", tutupnya.

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help