Konsultasi Dokter

Bagaimana Cara Memilih Sepatu yang Baik dan Benar? Ini Penjelasan Dokter

Memilih sepatu sangat penting untuk diperhatikan mengingat kaki adalah anggota tubuh yang "bekerja keras" menopang tubuh.

Bagaimana Cara Memilih Sepatu yang Baik dan Benar? Ini Penjelasan Dokter
handover
dr Nila Mayasari MKes SpKFR 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Pagi dok. saya Ghina, saya mau nanya dok, saya kan seorang atlit panjat tebing jadi saya menggunakan sepatu berbahan karet yang sangat sempit. apakah ada dampak serius yang akan terjadi jika saya menggunakannya dalam jangka panjang? selain kapalan pada jari kaki.

+6281343879xxx

Jawaban dokter spesial Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr Nila Mayasari MKes SpKFR

Dalam memilih sepatu sangat penting untuk diperhatikan mengingat kaki adalah anggota tubuh yang "bekerja keras" dalam menopang tubuh.

Pertama pastikan sepatu yang digunakan sesuai dengan ukuran kaki, konsekuensi ketika ukuran sepatu tidak sesuai adalah resiko terjadinya cedera.

Kedua adalah bentuk sepatu harus disesuaikan dengan bentuk kaki dan yang ketiga adalah tujuan penggunaan sepatu seperti saat berolahraga akan berbeda sepatu untuk lari dan aerobik.

Dari keterangan yang didapat dari adinda Ghina secara ukuran tidak sesuai yaitu ukuran sepatu yang sempit hal ini beresiko membuat aliran darah ke jari-jari tidak lancar.

Ukuran sempit membuat resiko terjadinya tekanan yang berlebih membuat mudah timbul luka lecet di kaki.

Kapalan menandakan terjadi tekanan berlebih di area kaki tersebut, normalnya hal ini tidak terjadi, salah satu penyebab kapalan selain terlalu sempitnya alas kaki adalah bentuk kaki yang tidak normal yang membuat beban menjadi tidak ergonomis.

Saran saya sebaiknya memilih sepatu sesuai dengan bentuk dan kebutuhan kaki adinda. Terimakasih.(*)

Penulis: Hasrul
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help