Pecat Sejumlah Perangkat Desa, Kades Ugi Wajo Dinilai Langgar Prosedur

Salah satu Anggota BPD mengatakan, pemberhentiannya diumumkan melalui pengeras suara masjid.

Pecat Sejumlah Perangkat Desa, Kades Ugi Wajo Dinilai Langgar Prosedur
st hamdana/tribunwajo.com
Komisi I DPRD Kabupaten Wajo menggelar rapat dengar pendapat terkait aspirasi perangkat Desa Ugi, Kecamatan Sabbangparu, yang diberhentikan secara sepihak oleh Jurana Usman, Kepala Desa (Kades) Ugi, Kamis (11/1/2018). 

Laporan Wartawan TribunWajo.com, St Hamdana Rahman

TRIBUNWAJO.COM, TEMPE - Komisi I DPRD Kabupaten Wajo menggelar rapat dengar pendapat terkait aspirasi perangkat Desa Ugi, Kecamatan Sabbangparu, yang diberhentikan secara sepihak oleh Jurana Usman, Kepala Desa (Kades) Ugi, Kamis (11/1/2018).

Selain perangkat desa, beberapa anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) juga mengaku diberhentikan sepihak oleh kades wanita yang baru dilantik awal Desember 2017 tersebut.

Salah satu Anggota BPD mengatakan, pemberhentiannya diumumkan melalui pengeras suara masjid.

Jurana Usman mengatakan, pemberhentian tersebut merupakan hasil musyawarah warga setempat dan dilakukan karena kinerja anggota BPD dinilai buruk.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Wajo Syamsul Bahri menuturkan, pemberhentian BPD oleh kepala desa menyalahi prosedur.

Karena menurut Syamsul, BPD hanya bisa diberhentikan oleh bupati.

"Kami apresiasi inisiatif kepala desa, tapi semua keputusan ada mekanismenya. Kalau kinerjanya kurang baik, bisa diajukan ke bupati untuk diganti," terang Syamsul Bahri.

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Wajo H Andi Arifai menyarankan agar kepala desa yang baru merangkul perangkat dan anggota BPD yang lama, dalam menjalankan pemerintahan yang baru.

"Sebaiknya kepala desa merangkul semua staf dan BPD yang lama. Ini demi kepentingan desa, agar bisa makin maju," kata Andi Arifai.

Penulis: St Hamdana Rahman
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help