TribunTimur/

DLHK Bulukumba Sulap Sampah Jadi Gas Metan, Begini Harapan Bupati

Peluncuran gas metan tersebut merupakan program Pemkab Bulukumba untuk menuntaskan persampahan.

DLHK Bulukumba Sulap Sampah Jadi Gas Metan, Begini Harapan Bupati
firki/tribunbulukumba.com
Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, GANTARANG - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengolah limbah sampah menjadi gas metan.

Pengolahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Borong Manempa, di Desa Polewali, Kecamatan Gantarang, Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Peluncuran gas metan tersebut merupakan program Pemkab Bulukumba untuk menuntaskan persampahan, dengan melakukan optimalisasi sampah di TPA menjadi sumber energi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bulukumba Misbawati A Wawo menuturkan, gas metan yang diproduksi dari hasil limbah sampah, lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

"Tahun ini kami uji coba pertama kali. Manfaatnya sudah dirasakan di beberapa rumah warga sekitar sini untuk masak memasak, dan rencana kami akan kembangkan lagi," tutur Misbawati, Kamis (10/1/2018).

Baca: Polres Bulukumba Lepas Honorer yang Ditangkap Saat Operasi Narkoba, Ada Apa?

Selain itu, gas metan yang diproduksi TPA Bulukumba juga telah mengurangi tarif listrik yang digunakan TPA, karena telah menggunakan gas sebagai energi pengganti.

Luas Landfill atau tempat produksi gas metan 30x30 meter dan tahun ini bakal ditambah lagi.

"Gas yang dihasilkan juga bisa digunakan untuk mengoperasikan mesin genset dan dan alat perbengkelan, seperti las," ucap Misbawati.

Baca: Bupati Bulukumba Rencana Bangun Museum, Salah Satu Koleksinya Pinisi

Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewal turut hadir dalam peluncuran gas metan tersebut.

"Pengelolahan sampah menyeluruh dari hulu ke hilir ini saya harap dapat menumbuhkan kewirausahaan melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) disektor persampahan," tuturnya.

Selain itu, ia berharap sampah bisa menjadi pengasilan lebih untuk masyarakat dengan cara dimanfaatkan secara maksimal. (*)

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help