TribunTimur/

Pertamin MOR VII Target BBM Satu Harga di Sulawesi Terealisasi di 2018

SPBU Kompak merupakan lembaga yang didirikan Pertamina bekerja sama dengan mitra untuk memenuhi kebutuhan BBM

Pertamin MOR VII Target BBM Satu Harga di Sulawesi Terealisasi di 2018
TRIBUN TIMUR/ MUH ABDIWAN
General Manager Pertamina Marketing Operation Region VII Sulawesi, Tengku Badarsyah (kanan) melakukan pengisian BBM Dexlite pada peluncuran Dexlite di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (11/1). Pertamina meluncurkan produk Dexlite untuk kendaraan diesel dengan kadar cetane number minimal 51 dan sulfur content maksimal 1.200 ppm dengan harga jual Rp7.350 per liter dan ditargetkan pada tahun 2017 sebanyak 40 SPBU yang menjual bahan bakar tersebut. tribun timur/muhammad abdiwan 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Program nasional Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di Pulau Sulawesi ditarget terealisasi 13 titik Stasiun Pengisian Bahan Umum (SPBU) Kompak pada akhir 2018.

Hingga akhir 2017, sudah ada lima titik yang terealiasi. Ini di luar target yang diamanahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebanyak empat SPBU Kompak.

SPBU Kompak merupakan lembaga yang didirikan Pertamina bekerja sama dengan mitra untuk memenuhi kebutuhan BBM di area atau wilayah yang belum layak dibangun SPBU Reguler atau belum ada penyalur lain yang lokasinya terpisah dengan Terminal BBM.

Teranyer, PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi telah membangun SPBU Kompak kedua di Kepulauan Talaud.

"Kepulauan Talaud sudah ada dua lembaga penyalur BBM, yakni SPBU Kompak 76.958.06 di Kecamatan Melonguane dan SPBU Kompak 76.958.07 Desa Kordakel Kecamatan Kabaruan, Kabupaten Kepulauan Talaud," kata M Roby Hervindo, Unit Manager Communication & CSR MOR VII Sulawesi via WhatsApp, Rabu (10/1/2017).

Tiga titik BBM Satu Harga lainnya di Sulawesi yakni SPBU Kompak 76.937.23 dan 76.936.22 di Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara serta SPBU Kompak 76.946.01 Desa Una-una Kecamatan Una-una, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

Dalam melaksanakan program BBM Satu Harga, khususnya di Sulawesi tidaklah mudah. Banyak kendala dan tantangan yang dihadapi mengingat kelima wilayah tersebut merupakan wilayah 3T sehingga medan yang ditempuh dalam distribusi BBM cukup berat.

“Pengiriman BBM terjauh adalah ke Kepulauan Talaud. Suplai BBM ke SPBU Kompak 76.95806 Pulau Melonguane, Kepulauan Talaud ini dikirim menggunakan kapal tongkang yang menempuh jarak 211 KM dengan waktu tempuh 20 jam dari Terminal BBM Bitung, Sulawesi Utara,” ujarnya.

Delapan titik yang akan dilaunching tahun ini yakni Kecamatan Liang Kabupaten Kepulauan Banggai, Kecamatan Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut, dan Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi. Ketinganya berada di Sulawesi Tengara.

Di Sulawesi Utara ada Kecamatan Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud, Kecamatan Essang, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Satu lagi di Sulawesi Tenggara yakni Kecamatan Wawoni Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan," kata Roby. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help