Ini Obyek Wisata di Enrekang yang Cocok Rekreasi Keluarga

Meski tak sepopuler dengan sejumlah obyek wisata kekinian yang digarap oleh pihak swasta atau warga tersebut, namun tiga obyek wisata tersebut

Ini Obyek Wisata di Enrekang yang Cocok Rekreasi Keluarga
Muh Azis Albar/TribunEnrekang.com
Panorama Kebun Raya Massenrempulu, di Dusun Buttu kuang, Desa batu mila, Kecamatana Maiwa, Kabupaten Enrekang, Minggu (11/12/2016). 

SEJUMLAH destinasi wisata baru kini bisa dijumpai di Bumi Massenrempulu, julukan Kabupaten Enrekang. Diantara destinasi populer tersebut obyek wisata Buttu Macca, Dante Pine, dan Cekong Highland. Obyek wisata tersebut tidak dikelola langsung oleh pemerintah setempat tetapi saat ini cukup populer di media sosial.

Beda dengan tiga obyek wisata yang dimiliki dan dikelola langsung oleh pemkab yang mungkin kalah pamor dibading sejumlah destinasi wisata yang dikelola oleh pihak swasta atau swadaya masyarakat tersebut.

Tiga objek wisata yang dikelola melalui dinas pariwisata setempat tersebut yaitu Kebun Raya Massenrempulu, Permandian Alam Lewaja, dan Villa Bambapuang.

Meski tak sepopuler dengan sejumlah obyek wisata kekinian yang digarap oleh pihak swasta atau warga tersebut, namun tiga obyek wisata tersebut juga reccomended dikunjungi baik oleh pengunjung lokal maupun wisatawan luar Enrekang.

Apalagi obyek wisata tersebut masih menyajikan keindahan alam dan kesegaran udaranya yang tak kalah dengan obyek wisata lain di Enrekang. Tiga obyek wisata tersebut juga mudah dijangkau dan aksesnya lumayan bagus untuk dilalui kendaraan roda dua dan empat. Berikut ulasan tiga obyek wisata tersebut:

Kebun Raya Massenrempulu
Tempat ini cocok untuk piknik keluarga. Pengunjung anak-anak bisa leluasa berlari dan bermain atau berguling di atas rumput taman yang hijau dan luas di perbukitan. Sambil bermain, mereka bisa belajar tentang tanaman dan tumbuhan.

Kebun raya ini adalah destinasi agrowisata Bumi Massenrempulu terluas di Indonesia yang memiliki sedikitnya 600 jenis tanaman endemikdiantaranya Jabon Merah, Palm, Ketapang Malaysia, dan Kigelia Afrikana.

Terdapat tujuh macam taman yaitu Taman Palm, Taman Wangi, Taman Obat, Taman Hias, Taman Jogging Track, dan Taman La Tinro. Selain itu terdapat pula tujuh kolam atau telaga untuk budidaya ikan air tawar.

Lokasi obyek wisata ini memiliki kontur berbukit-bukit yang ditumbuhi rumout hijau di Dusun Buttu Kuang, Desa Batu Mila, Kecamatana Maiwa.

Kebun Raya Massenrempulu Kabupaten Enrekang, Minggu (25/12/2016), ramai pengunjung.
Kebun Raya Massenrempulu Kabupaten Enrekang, Minggu (25/12/2016), ramai pengunjung. (Muh Azis Albar/TribunEnrekang.com)

Kebun Raya Massenrempulu
-Dusun Buttu Kuang, Desa Batu Mila, Kecamatana Maiwa, dilalui rute jalan poros Rappang-Enrekang
-19 km dari kantor Bupati Enrekang, waktu tempuh sekitar 30 menit berkendara
-Buka pukul 08.00 wita - 17.00 wita setiap hari
-Tarif dewasa Rp 5000/orang, pelajar Rp 3000/orang
-Fasilitas: 6 unit gazebo, 3 toilet, 7 taman, 7 kolam, lintasan kendaraan mengelilingi kebun raya

Villa Bambapuang
Villa Bambapuang berada di Dusun Kotu, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, yang berada di tepi jalan poros Enrekang-Toraja. Tempat ini memiliki resort atau sarana akomodasi yang belum dimaksimalkan.

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved