Dosen Poltekpar Makassar Nilai Pariwisata Sulsel Harus Dipetakan

Sulsel memiliki keunikan yang mungkin daerah lain tidak miliki seperti pantai yang indah pegunungan dan air terjun.

Dosen Poltekpar Makassar Nilai Pariwisata Sulsel Harus Dipetakan
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Pengunjung menikmati keindahan dan permainan di wisata Bukit Cekong yang terletak kelurahan tanete, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulsel, Jumat (30/12/2016). Wisata 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Dosen Politeknik Parawisata Makassar, Muh Arfin Muh Salim mengatakan Sulawesi Selatan (Sulsel) memiliki keunikan khususnya sektor pariwisata.

"Sulsel memiliki potensi yang sangat memadai, kalau bisa membagi tiga unsur utama ,yakni alam, budaya dan buatan," ungkap Arfin kepada Tribun Timur, Minggu (7/1/2018).

Ia menambahkan bahwa alam Sulsel memiliki keunikan yang mungkin daerah lain tidak miliki seperti pantai yang indah pegunungan dan air terjun.

Sementara dari unsur budaya Sulsel sangat kaya akan budaya karena terdiri dari 4 etnis, dan wisata buatan juga tersedia seperti Trans Studio Theme Park dan Bugis Waterpark.

Dimana Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel merilis secara kumulatif periode Januari-November 2017 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara meningkat 7,43 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Tercatat kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 16.030 kunjungan tahun periode Januari-November 2017 dan pada tahun 2016 periode yang sama berjumlah 14.921 kunjungan.

Meski demikian Arfin berharap pemerintah bisa memanfaatkan alumni Politeknik Parawisata Makassar untuk meningkat kualitas layanan dalam bidang sumber daya manusia untuk pengelolaan parawisata.

"Di Sulsel berdiri perguruan tinggi kepariwisataan. Lembaga ini menghasilkan SDM yang terampil dan sudah tersertifikasi sesuai kompetensinya. Setiap tahun menghasilkan alumni siap kerja di sektor pariwisata," ungkap Arfin.(*)

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help