Pilkada Polman 2018

Ketua KPU Polman Imbau Paslon Bupati Koordinasi Sebelum Mendaftar

M Danial mengatakan, pihaknya juga telah mengimbau pimpinan parpol supaya menyampaikan informasi

Ketua KPU Polman Imbau Paslon Bupati Koordinasi Sebelum Mendaftar
nurhadi/tribunsulbar.com
Ketua KPU Polman, M Danial 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, POLEWALI - Jelang pendaftaran pasangan calon (Paslon) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Polewali Mandar Tahun 2018, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polman, M. Danial, meminta para Paslon untuk melakukan koordinasi lebih awal.

Hal itu disampaikan Danial, sebab dua hari jelang pendaftaran Paslon, pihaknya belum mendapat informasi dari Parpol atau gabungan Parpol yang akan mengusung Paslon.

"Waktu pendaftara kandidat antara tanggal 8 sampai 10 Januari 2018. Rencana mendaftar ke KPU Kabupaten, diimbau kepada Paslon untuk melakukan koordinasi setidaknya satu hari sebelum datang mendaftar," kata M. Danial kepada TribunSulbar.com, Sabtu (6/1/2017).

M Danial mengatakan, pihaknya juga telah mengimbau pimpinan parpol supaya menyampaikan informasi lebih awal rencana waktu akan mendaftarkan kandidatnya ke KPU. Selain itu, KPU juga mengimbau parpol supaya menunjuk petugas penghubung atau LO (liaison officer) dengan mandat resmi untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi sebelum dan selama masa pendaftaran Paslon.

"Hingga H-2 pendaftaran Paslon, kami belum memeroleh informasi rencana waktu pendaftaran dari Parpol atau gabungan Parpol yang akan mengusung Palson," ujarnya.

Sekaitan dengan tahapan pendaftaran tersebut, KPU Polman telah melakukan koordinasi dengan Polres dan Panwas Kabupaten, serta melakukan rapat koordinasi dengan para stakeholders untuk kelancaran pelaksanaan pendaftaran.

Dijelaskan, bahwa salah satu kegiatan penting dalam pelaksanaan pendaftaran calon peserta Pilbup, yaitu pemeriksaan kesehatan Paslon oleh tim khusus yang terdiri unsur IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Sulselbar, BNN (Badan Narkotika Nasional) Provinsi Sulbar, dan HIMPSI (Himpunan Psikolog Indonesia) Sulsel.

"Untuk pemeriksaan kesehatan, KPU Polman hari ini akan menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan ketiga lembaga tersebut di Makassar," katanya.

"Penandatanganan MoU pemeriksaan kesehatan Paslon oleh KPU Polman dengan IDI, BNN dan HIMPSI akan dilakukan bersamaan dengan KPU Kabupaten Mamasa yang dikoordinasikan KPU Sulbar. Pemeriksaan kesehatan paslon, meliputi kesehatan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkoba," tuturnya.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved