KPU Mamuju Belum Tetapkan Pembagian Dapil Pileg 2019, Ini Sebabnya

SK Daftar Agregat Kependudukan Per Kecamatan (DAK2) belum diserahkan KPU pusat ke kabupaten.

KPU Mamuju Belum Tetapkan Pembagian Dapil Pileg 2019, Ini Sebabnya
nurhadi/tribunsulbar.com
Kantor KPU Kabupaten Mamuju, Jl Jend Sudirman, Kelurahan Simboro, Kecamatan Simboro, Sulbar. 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) belum menetapkan usulan pembagian Daerah Pemilihan (Dapil) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019.

Hal itu disampaikan Komisioner Divisi Teknis Pemilihan KPU Mamuju, Bambang Arianto, saat ditemui di kantornya, Jl Jenderal Sudiman, Kelurahan Simboro, Kecamatan Mamuju, Sulbar, Kamis (4/12/2017).

Bambang mengatakan, SK Daftar Agregat Kependudukan Per Kecamatan (DAK2) belum diserahkan KPU pusat ke kabupaten.

"Ada rencana pemecahan Dapil menjadi empat, tapi kita belum menyampaikan karena SK kouta kursi belum kita terima dari pusat," kata Bambang kepada TribunSulbar.com.

Baca: Kursi DPRD Mamuju Berkurang dari 35 Menjadi 30 Kursi, Berikut Jumlahnya Per Dapil

Menurutnya, SK DAK2 seharusnya sudah ditemari oleh KPU kabupaten karena sudah diserahkan oleh Dirjen Kependudukan Kemendagri pada 17 Desember 2017.

"KPU Provinsi seharusnya mendesak ke pusat, karena ini akan membuat kita kebingungan dalam melakukan uji publik ketika SK itu belum ktia terima hingga dilakukan uji publik," ujar Bambang.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengusulkan beberapa opsi pada proses uji publik yang akan dilakukan KPU pada tanggal 28 Januari 2018.

"Kita akan tetap usulkan menjadi empat Dapil, namun yang menjadi persoalan sekarang adalah opsi pembagian Dapil I dan Dapil II, antara Simboro bergabung dengan Dapil I Tapalang, Tapalang Barat dan Bala-balakang atau bergabung dengan Dapil II Mamuju-Simboro," tutur Bambang.

Baca: Dampak Supermoon, Begini Kondisi Rumah Warga Binanga Mamuju

Ada beberapa pertimbangan mengenai pembagian Dapil I dan Dapil II, antara lain mempertimbangkan keseimbangan kursi per Dapil dan kohesifitas penduduk.

"Dapil III dan Dapil IV sudah jelas tidak ada perubahan, Dapil III tetap Kalukku, Bonehau dan Kalumpang. Sementara Dapil IV Papalang, Sampaga dan Tommo," jelas Bambang.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved