Home »

Gowa

Pemkab Gowa Masih Cari 4.545 Warga Miskin Untuk Jadi Peserta BPJS Integrasi

Pemerintah Kabupaten Gowa masih membutuhkan 4.545 peserta integrasi BPJS.

Pemkab Gowa Masih Cari 4.545 Warga Miskin Untuk Jadi Peserta BPJS Integrasi
Dok. Google
BPJS Kesehatan

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM,SUNGGUMINASA- Pemerintah Kabupaten Gowa masih membutuhkan 4.545 peserta integrasi BPJS.

Jumlah itu dari kuota integrasi yang disiapkan Pemkab Gowa sebanyak 129.000 jiwa.

Kepala Dinas Sosial, Syamsuddin Bidol kepada media mengatakan dari data yang dimiliki Dinas Sosial Gowa tercatat jumlah peserta KIS APBD saat ini sebanyak 124.455 jiwa yang terdaftar.

"kita masih butuh 4.545 jiwa lagi yang akan ditanggung oleh Pemkab Gowa dari jumlah kouta kita 129.000 yang ditanggung," katanya, Rabu (3/1).

Olehnya itu saat ini Dinsos masih terus melakukan rekrut data warga miskin yang berdasarkan usulan para camat.

"Warga miskin yang belum terdata dalam data base harus melapor ke camat di tempat tinggalnya dan camat yang akan mengusulkan ke Dinsos," katanya lagi.

Namun sebelum diserahkan ke Dinsos, para camat diharuskan rapat bersama melalui musyawarah desa dan melibatkan semua unsur seperti kepala dusun, kepala lingkungan, BPD, RT, RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan unsur berkompeten lainnya.

Di musyawarah itu unsur tersebut membuat berita acara dan menyepakati warga miskin di daerah itu.

"Inilah dasarnya Dinsos untuk merekomendasikan warga miskin tersebut masuk integrasi BPJS melalui persetujuan bupati berdasarkan UU No 13 tahun 2011 tentang," jelasnya.

Syamsuddin menambahkan jika data yang diterima dari camat tidak serta merta dimasukkan dalam integrasi melainkan harus melalui verifikasi kembali.

"Kita harus verifikasi kembali dengan turun langsung ke desa atau kelurahan bersangkutan. Jadi pola verifikasinya sama dengan pendataan KIS APBN yakni by name by address. Apakah orangnya masih ada, sudah meninggal atau pindah atau dia pemegang KIS APBN atau KIS APBD," tambahnya. (Won)

Tags
BPJS
Gowa
Penulis: Waode Nurmin
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help