Inflasi Tembus 4,4 Persen, Prediksi TPID Sulsel Meleset

Inflasi Sulsel di tahun 2017 tercatat 4,44 persen. Angka tersebut keluar dari target Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Selatan

Inflasi Tembus 4,4 Persen, Prediksi TPID Sulsel Meleset
TRIBUN TIMUR/RASNI GANI
Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel, Yusran IB Herald 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Inflasi Sulsel di tahun 2017 tercatat 4,44 persen. Angka tersebut keluar dari target Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sebesar empat persen kurang lebih satu persen.

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel, Yusran IB Herald yang dihubungi, Rabu (3/1/2017) menuturkan inflasi di Desember 2017 dipengaruhi Natal dan Tahun Baru.

“Bagi kami sebagai pengusaha, tentu bagus, karena permintaan meningkat sehingga harga naik. Begitulah hukum ekonomi,” katanya.

Namun melihat inflasi Sulsel secara tahunan lebih tinggi daripada inflasi nasional yang hanya 3,61 persen (yoy) tentunya akan menyebabkan pasar yang tidak sehat.

"Bayangkan konsumsi masyarakat yang semakin meningkat membuat penyediaan barang diperbanyak. Hal ini menyebabkan peredaran uang semakin banyak dan terjadi inflasi," ujarnya

Dengan peningkatan permintaan konsumsi masyarakat tersebut, menyebabkan likuiditas pasar mengalami peningkatan secara berlebihan.

"Nah ini bisa menyebabkan distribusi barang tidak lancar. Hal ini dikarenakan jumlah permintaan dan hasil pendapatan terkadang tidak sebanding. Dengan begitu distribusi mengalami hambatan dan tidak stabil," ujarnya. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved