Home »

Gowa

Damkar Gowa Siagakan Pos Pelayanan di Kantor Camat Bontonompo

Dinas Damkar Gowa kini menyiagakan satu pos pelayanan kebakaran di Kecamatan Bontonompo.

Damkar Gowa Siagakan Pos Pelayanan di Kantor Camat Bontonompo

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA-Dinas Damkar Gowa kini menyiagakan satu pos pelayanan kebakaran di Kecamatan Bontonompo.

Hal ini dilakukan untuk mengefisiensikan jarak jika terjadi kebakaran di lokasi tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gowa, Mustamin Raga mengatakan pos pelayanan itu ditempatkan di kantor Camat Bontonompo.

"kita siagakan satu unit mobil Damkar di Bontonompo. Pos pelayanan ini melayani empat kecamatan terdekat yakni Bontonompo, Bontononpo Selatan, Bajeng dan Bajeng Barat," katanya.

Dia mengakui, jarak tempuh yang jauh antara markas Damkar dengan lokasi kebakaran kerap membuat armada terlambat tiba lokasi.

Apalagi menurut Permendagri 69 tahun 2012 tentang Standard Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Perlindungan Masyarakat salah satunya adalah bidang damkar bahwa dalam satu wilayah, daerah terlindungi itu adalah daerah yang berjarak tempuh maksimal 7,5 Km dari Pos Pelayanan Pemadam Kebakaran atau daerah yang bisa direspon dalam waktu maksimal 15 menit.

"Disdamkar Gowa baru mempunyai satu pos pelayanan letaknya di Manggarupi Jl Mangka Dg Bombong No 29. Dan secara SPM, banyak sekali daerah dalam wilayah Gowa yang belum terlindungi. Termasuk Kecamatan Bontonompo, Bontonompo Selatan, Bajeng dan Bajeng Barat di bagian selatan ke bagian timur dan tenggara (dataran tinggi) hampir semuanya tidak terlindungi," jelasnya.

Olehnya itu, Damkar membuka satu pos di Kecamatan Bontonompo yang akan melayani empat kecamatan.

Pembukaan pos pelayanan itu akan dilakukan awal Januari 2018 dengan menempatkan satu unit mobil Damkar dan 12 personil dengan sistem tugas dua shift.

"Meski kita masih minim armada tapi kita upayakan optimal bekerja untuk bisa menjangkau daerah yang jauh. saat ini kami memiliki tiga unit mobil penyemprot dan dua unit mobil tangki. Insha Allah tahun anggaran 2018 kami dapat satu unit lagi armada baru," jelasnya.(*)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help