CITIZEN REPORTER

Jauhi Hura-hura, Remaja LDII Gelar PATH di Penghujung Tahun

Kegiatan diisi berbagai kegiatan, di antaranya tadarus Alquran, nasihat agama, pengkajian dalil-dalil Quran dan Hadis

Jauhi Hura-hura, Remaja LDII Gelar PATH di Penghujung Tahun
CITIZEN REPORTER
Ketua Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulawesi Selatan Hidayat Nahwi Rasul menyampaikan pembekalan di pengajian akhir tahun Pemuda LDII PC Panakkukang di Masjid Nurul Hakim, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (31/12/2017). LDII mendorong generasi muda menghafal Alquran agar siap menghadapi berbagai tantangan zaman. 

Ilmaddin Husain

Wakil Sekretaris LDII Sulsel

Melaporkan dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM- Generasi muda dipandang perlu menyiapkan diri menghadapi dinamika global. Seiring pergantian tahun, akhlak manusia semakin jelek. Sebab menurut kacamata agama, pergantian tahun merupakan manifestasi kerusakan zaman. Oleh sebab itu, mendekatkan generasi penerus dengan Alquran adalah sebuah langkah tepat.

“Kalau kita melihat alur zaman, saat ini kita menemukan zaman akhir yaitu zaman yang penuh kerusakan. Barang yang halal dan haram semakin sulit dibedakan. Kita melihat dan mendengar kebatilan yang terus terjadi di sekitar kita,” kata Ketua Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulawesi Selatan Hidayat Nahwi Rasul saat menyampaikan pembekalan di Pengajian Akhir Tahun (PATH) Pemuda LDII PC Panakkukang di Masjid Nurul Hakim, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (31/12/2017).

Menurut Hidayat, di era globalisasi saat ini, orang yang cerdas semakin dibutuhkan. “Namun, tak cukup hanya cerdas, tetapi juga berilmu agama dan berkarakter. Karena agamalah faktor utama yang membentuk karakter seseorang menjadi jujur dan amanah,” ungkap Hidayat yang juga anggota Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan ini.

Pengajian di penghujung tahun ini diikuti remaja LDII yang tergabung dalam Komunitas Madagaskar. Kegiatan diisi berbagai kegiatan, di antaranya tadarus Alquran, nasihat agama, pengkajian dalil-dalil Quran dan Hadis terkait kerusakan zaman, kuis berhadiah, cerdas cermat, santap jagung bakar, video motivasi, shalat malam, dan Shalat Subuh berjamaah.

Di momen pergantian tahun, remaja LDII diberbagai tingkatan PC dan DPD se-Sulawesi Selatan menggelar pengajian. Hal ini juga dilakukan remaja LDII di seluruh Indonesia. Pengajian digelar untuk menghindari berbagai bentuk kemaksiatan dan pengaruh negatif di malam pergantian tahun.

Hidayat mengajak segenap generasi LDII menjadi generasi yang mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap berbagai persoalan. Zaman semakin rusak dan penduduk  semakin banyak. “Manusia yang bisa bertahan adalah manusia yang berkualitas yaitu yang alim, berakhlakul karimah, dan mandiri,” papar Hidayat yang juga Ketua Forum Telematika KTI ini.

Sekaitan dengan itu, LDII turut andil dalam membentuk akhlak manusia. Dalam rangka membentuk karakter, LDII secara nasional menggiatkan program penghafalan Alquran. “Kita diajak menghafal Alquran. Melalui Alquran, LDII membentuk manusia yang memiliki kepahaman agama yang tinggi, punya akhlakul karimah, dan jiwa mandiri. Tiga hal ini menjadi tujuan pokok kita,” kata Hidayat yang juga Ketua DPP LDII.

Hidayat mengajak untuk menggalakkan program menghafal Alquran di tingkat PAC, PC, dan DPD LDII. “Alquran harus selalu kita galakkan. Kalau kita hafal Alquran, maka ilmu-ilmu lain akan mudah kita kuasai, seperti kedokteran kimia, dan fisika. Dengan demikian, otak kita menjadi otak Alquran,” urainya.

Selain hati, organ paling mahal dalam tubuh manusia adalah otak. Otak harus dijaga betul jangan sampai diisi hal yang negatif. Demikian juga dengan hati dilatih menjadi hati yang baik. Dengan menghafal Alquran, kita terjauhi dari racun informasi yang meracuni akhlak dan pikiran kita. Seperti racun informasi yang bersumber dari televisi dan media sosial. “Jangan sembarang memasukkan virus atau pornografi ke dalam otak,” ungkapnya.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help