Segini Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Barat Tahun 2017

Khusus untuk peningkatan produksi pertanian dan perkebunan, peningkatannya didominasi di Kabupaten Mamuju Utara

Segini Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Barat Tahun 2017
uang rupiah
ilustrasi uang

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

MAMUJU, TRIBUNSULBAR.COM – Ekonomi Sulawesi Barat (Sulbat) mengalami peningkat di tahun 2017.

Merujuk pada data yang diperoleh TribunSulbar.com, dari Bank Indonesia (BI) Sulbar, mengalami kenaikan dari 4,6 persen, naik menjadi 4,8 persen di tahun 2017.

Kepala BI Sulbar, Dadal Angkoro mengungkapkan, peningkatan disebabkan produktivitas padi, kakao dan sawit yang meningkat di Sulbar.

Khusus untuk peningkatan produksi pertanian dan perkebunan, peningkatannya didominasi di Kabupaten Mamuju Utara (Matra) dan Mamuju Tengah (Mateng).

"Peningkatan ini naik 1,3 sampai 1,4 persen dibanding tahun sebelumnya," kata Dadal kepada sejumlah wartawan, di d’Maleo Hotel and Convention, Mamuju, Jumat (29/12/2017).

Ia menyebutkan, konsumsi rumah tangga juga ikut andil dalam peningkatan ekonomi di Sulbar, dan didominasi peningkatannya di Kabupaten Polman dan Mamuju, sebagai daerah penduduk terbanyak.

"Mayoritasnya masih kebutuhan primer. Kalau tersier masih minim," ungkapnya.

Guna mengantisipasi terjadinya inflasi, Dadal meminta kerja sama yang baik dari masing-masing Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Sebab menurutnya jika tidak ada kerja sama yang baik, maka inflasi akan sulit diantisipasi.

Dadal memproyeksi, 2018 mendatang, ekonomi Sulbar akan kembali naik. Bahkan diprediksi dengan persentase yang lebih.

"Salah satu yang membuat kami yakin, karena akan ditopan dengan beragam program dan inovasi yang dilakukan BI Sulbar belakangan ini," katanya.

Mulai penambahan modal Kredit Usaha Rakyat (KUR), bantuan bibit pertanian komoditas sawit dan kakao.

"Insya Allah kita proyeksikan naik sampai tujuh persen. Maka itu kami juga meminta kerja sama yang baik dari semua pihak utamanya Pemprov Sulbar dan Pemerintah Kabupaten. Khusunya dari sektor infrastruktur jalan,"tuturnya

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help