VIDEO: Polres Mamuju Rilis Hasil Operasi Lilin Siammsei 2017

Selain itu, kata perwira Polisi berpangkat dua bungan itu, selama pelaksanaan Operasi Lilin 2017 pihaknya juga berhasil

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Kepolisian Resort (Polres) Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) merilis hasil pelaksanaan Operasi Lilin Siamnasei 2017, di Mapolres, Jl. Ks. Tubun, Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Jumat (29/12/2017).

Pres rilis dipimpin langsung oleh Kapolres Mamuju AKBP Muhammad Rivai Arvan, didampingi oleh seluruh pejabat utama Mamuju'>Polres Mamuju serta Kepada Staf Kodim (Kasdim) 1418 Mamuju, Andi Ismail.

Kapolres mengatakan, selama tujuh hari pelaksanaan Operasi Lilin Siammasei 2017 diwilayah hukum Mamuju'>Polres Mamuju, pihaknya berhasil mengamankan atau menyita minuman keras golongan B sekitar 250 botol dan minum keras tradisional jenis Ballo sebanyak 300 liter.

"Minuman keras yang ada didepan kita ini hanya sekitar 200 botol, karena tidak semua barang bukti bisa kita hadirkan, begitu juga minuman keras tradisional jenis tuak atau Ballo hanya sekitar 197 liter sebagian, karena beberapa masih di Polsek sehingga total keseluruh sekitar 300 liter," kata AKBP Rivai dihadapan sejumlah wartawan di Mapolres Mamuju, Jumat (29/12/2017).

"Operasi ini murni adalah operasi kemanusiaan bagaimana mewujudkan situasi aman ditengah masyarakat. Karena salah satu pemicu munculnya gangguan Kamtibmas, berupa keributan, perkelahian atau penganiayaan di masyarkat, itu dipicu pengaruh minuman keras, sehingga pada Operasi Lilin ini kita juga ikut melakukan penertiban miras," ujarnya menambahnkan.

Selain itu, kata perwira Polisi berpangkat dua bungan itu, selama pelaksanaan Operasi Lilin 2017 pihaknya juga berhasil mengamankan sekitar 300 unit kenalpot bogar diseluruh jajaran Polsek.

"Salah satu yang dikeluhkan masyarakat adalah motor yang berkenalpot bogar, sehingga kita juga gencar melakukan penindakan dengan mencopot dari kendaraan saat didapati," ujarnya.

Kegiatan lain, lanjutnya, juga mengamankan lima unit senjata tajam dan senjata Api replika. Tersangka dikenakan undang-undang darurat, sehingga kita lakukan penahanan, namun adapula yang tidak kita tahan dengan beberapa pertimbangan sesuai dengan penilain kita," katanya.

"Kita juga mengamankan beberapa kasus pencurian, diantaranya pencurian handphone dan laptop," sebutnya.

"Untuk mengantisipasi suara ledakan, kita juga lakukan penyitaan barang yang masuk di Mamuju. Sehingga berhasil kita amankan beberapa jenis mercong yang menyerupai kembang api pagi tadi di terminal Simbuang," tuturnya.

Ia menuturkan, dalam pelaksanaan razia miras dan senjata tajam serta bahan peledak seperti kembang api, telah menggandeng beberapa elemen, diantaranya TNI agar suasana aman dan kondusif benar-benar terwujud di masyarakat.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help