Wisata Sulsel

7 Menu Jepang Ala Shogun Makassar yang Wajib Dicoba

Susana di restoran yang telah berumur 30 tahun ini ala Japanese style banget

7 Menu Jepang Ala Shogun Makassar yang Wajib Dicoba
HANDOVER
New Shogun Restaurant, Jalan Penghibur, Kota Makassar, Senin (4/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Jepang memiliki budaya yang sangat kuat. Tak heran turis seperti Indonesia jatuh cinta dengan negara kepulauan ini.

Selain kebudayaan, Jepang juga kaya akan makanan tradisional yang berkembang menjadi kuliner dengan cita rasa yang khas. Akibatnya, makanan Jepang menjamur di beberapa negara, tak terkecuali di Indonesia.

Di Makassar, salah satu tempat yang menjajakan kuliner Negeri Matahari Terbit itu yakni Shogun Restaurant. Lokasinya di Jl Penghibur No 2 dekat Makassar Golden Hotel (MGH).

Susana di restoran yang telah berumur 30 tahun ini ala Japanese style banget. Pelayanannya mengenakan kimono, tepat makannya mirip ala Jepang dengan bilik-bilik dengan pemandangan pantai Losari.

Dibuka dua kali pada pukul 11.00-15.00 Wita dan 18.00-23.00 Wita. Chefnya ada lima orang, dengan keahlian yang beragam. Rasa menunya tidak berubah sejak 3 dekade.

Sang pemilik, Mariama yang ditemui belum lama ini menuturkan, ada sekitar 200-an menu yang dijajakan. Semuanya enak, namun ada tujuh yang wajib dicoba saat berkunjung ke restorannya. Yakni:

1. Yakiniku
Dalam istilah bahasa Jepang untuk kuliner satu ini merupakan daging yang dipanggang atau dibakar di atas api. Dimana khusus super spesial ini, Shogun menawarkan slice beef sirloin, touge atau lidah sapi, king prawn atau udang besar, chicken, kalbi atau bulgogi, cuttlefish atau sotong mirip cumi. Semuanya dibakar di atas panggangan dengan bara arang. Bila matang, dicelupkan ke dalam saos rahasia dengan tambahan cincangan cabe dan bawang putih. Sungguh sedap, harganya Rp 278.500 per paket.

2. Shabu-shabu
Makanan Jepang jenis Nabemono berupa irisan tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi kaldu panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus (tare) jadi favorit juga. Shogun tidak hanya memasukkan daging, ada juga sayuran, tahu, jamur enoki, jamur sitaki dan udon (mi). Sangat pas disantap kala musim hujan tiba, harganya Rp 190.500.

3. Sushi ebi ten roll
Makanan Jepang dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa udang impor, sayuran, dan telur dadar ini sungguh menggugah selera. Ditambah dengan saos rahasia shogun dengan mayones sekelilingnya amat nikmat. Harganya hanya Rp 99.500.

4. Fresh Salmon Sashimi
Ikan salmon impor yang terdiri dari tiga slice mentah sungguh nikmat saat dikunyah. segar rasanya, namun sebelum memakannya ada saus rahasia yang diramu sehingga aman dikonsumsi. Harganya Rp 65 ribu.

5. Eby Tempura
Gorengan khas Jepang yang paling populer ini menggunakan udang impor. Udangnya segar dan besar sehingga rasanya gurih enak. Balutan tepung yang renyah makin asyik dicelup saus soya ala Shogun yang gurih sedap. Harganya Rp 79.500.

6. Chicken Cutlet
Makanan berbahan dasar daging ayam yang dicampur dengan saus bechamel ala Shogun yang diperbanyak terigunya sehingga konsistensi lebih mudah dibentuk. Saosnya beda lagi, memakannya punya sensasi berbeda, dan jarang ditemui. Harganya Rp 107.500.

7. Omu Rice
Sama dengan nasi omelette atau telur yang dikocok sampe halus lalu digoreng. Namun Nasi gorengnya beda, beberapa tambahan bumbu rempah, dengan potongan daging ayam sungguh nikmat, harrganya Rp 78.500. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help