Ini Penyebab Banjir Musiman di Perumnas Antang Blok 8 Versi Warga

Setiap tahunnya di musim penghujan, banjir selalu datang menghampiri pemukiman warga yang terletak di Perumnas Antang Blok 8

Ini Penyebab Banjir Musiman di Perumnas Antang Blok 8 Versi Warga
alfian
Sebanyak 40 Kepala Keluarga (KK) yang bermukim di RT 04 RW 08 Jl Ujung Bori Kelurahan Manggala Kecamatan Manggala (Perumnas Antang Blok 8) Makassar terisolir akibat banjir yang melanda. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Alfian

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Setiap tahunnya di musim penghujan, banjir selalu datang menghampiri pemukiman warga yang terletak di Perumnas Antang Blok 8 atau tepatnya Jl Ujung Bori RW 08 Kelurahan Manggala Kecamatan Manggala.

Akhir tahun 2017 ini banjir itu kembali terulang, kali ini dianggap jauh lebih parah dari tahun sebelumnya.

"Ini sudah mencapai paha, tahun lalu hanya sekitaran betis," kata Iksan (50) salah satu warga yang kebanjiran saat ditemui, Kamis (21/12/2017) siang.

Pria yang berprofesi sebagai karyawan swasta itu harus kerja ekstra mengamankan barang-barangnya dari kepungan air.

Salah satu caranya yakni menempatkan di bagian rumah dengan ditumpuk meninggi.

"Setelahnya yah kami ganti-gantian memantau bersama warga lain agar tidak kehilangan atau basah. Sementara anak-anak dan perempuan kita ungsikan," katanya.

Iksan bercerita bahwa kondisi banjir yang melanda pemukimannya tidak serta-merta begitu adanya.

Pada tahun 1980-an saat pertama kali ia memilih bermukim di lokasi tak sekalipun terjadi banjir, hanya air genangan setinggi mata kaki yang muncul saat musim hujan tiba.

Tetapi pada tahun 1993, ketenangan warga berubah seiring dengan pembangunan Perumnas Manggala yang tepat berada di belakang Blok 8 Perumnas Antang.

Halaman
12
Penulis: Alfian
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help