VIDEO: Intip Yuk Panjangnya Banjir di Jl Kecaping Raya Perumnas Manggala

Jalan ini merupakan akses utama warga yang bermukim di permukiman subsidi dan non subsidi Blok 10 Perumnas Manggala Permai Makassar

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM, - Banjir kembali menggenangi kawasan pemukiman yang dikembangkan BUMN di Perumnas Manggala Permai, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Rabu (19/12/2017).

Banjir di Bulan Desember 2017 ini kembali merendam jalan utama Perumnas Manggala Permai yaitu di Jl Kecaping Raya.  Jalan yang sudah dibeton ini merupakan langganan banjir setiap tahun di musim hujan. Banjir yang merendam ruas jalan hingga seperti sebuah sungai itu merupakan peristiwa kedua dalam tahun 2017.

Sebelumnya, di bulan Februari 2017, hujan deras selama beberapa hari kala itu turut merendam akses jalan utama menuju permukiman subsidi Perumnas ini.
Seperti banjir sebelumnya, ketinggian air di sepanjang jalan tersebut rata-rata mencapai lutut orang dewasa bahkan lebih di beberapa titik.

Baca: VIDEO: Banjir di Jalan Poros Perumnas Manggala Permai Makassar

Air merendam hampir sepanjang Jl Kecaping Raya yang berjarak sekitar 1 kilometer. Jalan ini merupakan akses utama warga yang bermukim di permukiman subsidi dan non subsidi Blok 10 Perumnas Manggala Permai.

Penduduk di Blok 10 ini berkisar 400 kepala keluarga. Blok 10 adalah sebutan bagi permukiman yang dibangun Perumnas yang dihuni warga RW 11 Kelurahan Manggala. Di kawasan permukiman ini memiliki tiga nama jalan yaitu Jl Suling, Jl Biola, dan Jl Terompet yang dihuni warga.

Banjir di Jl Kecaping Raya mulai terjadi sejak Selasa malam (19/12/2017) hingga Rabu (20/12/2017). Ketinggian air berkisar 40 cm - 50 cm yang menenggelamkan jalan tersebut membuat warga kesulitan melintas.

Beberapa pengendara roda dua yang nekad melintasi jalan tersebut seringkali terhenti di tengah banjir akibat motornya mogok kemasukan air. Mobil pun sangat jarang menerobos banjir di jalan tersebut saat banjir nyaris mencapai setengah meter tersebut. 

Banjir mencapai lutut orang dewasa di Perumnas Manggala Permai yaitu di Jl Kecaping Raya, Rabu (19/12/2017)
Banjir mencapai lutut orang dewasa di Perumnas Manggala Permai yaitu di Jl Kecaping Raya, Rabu (19/12/2017) (RIDWAN PUTRA/TRIBUN TIMUR)

Sebagai alternatif, sebagian warga Blok 10 mengambil jalan alternatif untuk keluar dan beraktivitas kota dengan melalui perumahan pemda yang tembus ke Jl Nipa-nipa Raya. Akses tersebut berada di dataran yang cukup tinggi sehingga aman dari bencana banjir.

Jalur Nipa-nipa ke Perumnas Manggala Permai tersebut juga bisa dijangkau melalui pertigaan jalan tepat di depan Kampus STIBA Makassar.(*)

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help