DJP Sulselbartra Sudah Himpun Rp 10,16 Triliun

Saat ini, jumlah SPT di Sulselbartra mencapai 938 ribu wajib pajak. Komposisinya Badan Usaha 56 ribu dan Pribadi sekitar 882 ribu.

DJP Sulselbartra Sudah Himpun Rp 10,16 Triliun
Sony Frans Abram, Kepala Bidang Data dan Penggalian Potensi Perpajakan (DP3) Kanwil DJP Sulselbartra menyosialisasikan penerbitan e-faktur pajak bagi pembeli yang tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) di sela Tudang Sipulung di La Buana Cafe, Rabu (20/12/2017). faktur pajak berbentuk elektronik (e-Faktur) wajib mencantumkan informasi identitas pembeli Barang Kena Pajak (BKP) atau penerima Jasa Kena Pajak (JKP), termasuk NPWP pembeli BKP atau penerima JKP. tribun timur/muhammad abdiwan 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulselbartra telah menghimpun pajak senilai Rp 10,166 triliun atau 71 persen dari target Rp 14,71 triliun tahun ini per Rabu (20/12/2017).

Kepala Bidang Data dan Penggalian Potensi Perpajakan (DP3) Kanwil DJP Sulselbartra di sela Tudang Sipulung di La Buana Cafe, Jl Urip Sumoharjo Makassar, Rabu (20/12) kesadaran masyarakat untuk membayar pajak di tiga provinsi masih rendah. Tercatat indeks kesadaran masih 60 persen.

"Per 24 November kami telah menghimpun pajak ke kas negara sebanyak Rp 10,166 triliun dengan jumlah Surat Perhatian (SPT) 559.049 wajib pajak yang melaporkan hartanya," kata Sony sapaanya.

Saat ini, jumlah SPT di Sulselbartra mencapai 938 ribu wajib pajak. Komposisinya Badan Usaha 56 ribu dan pribadi sekitar 882 ribu.

"Bila melihat kondisi saat ini dengan hadirnya PAS-Final target kepatuhan pajak hingga akhir tahun kita optimis mencapai antara 81%-82%," katanya.

PAS-Final atau Pengungkapan Aset secara Sukarela dengan tarif Final yang diberlakukan November lalu memberi peningkatan sekitar 3 persen dari hasil perhimpunan pajak Oktober.

"Langkah jitu untuk mendongkrak realisasi pajak tidak hanya "menakuti" dengan sanksi," katanya.

Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sulselbartra, Aris Bamba menambahkan, khusus Sulsel pendataanya masih berlangsung.

"Nanti akhir tahun kita berikan. Namun melihat record tahun lalu, sekitar 50-60 persen andil Sulsel di wilayah ini," katanya.

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved