Komunitas Berkebun Gelar Urban Farming Day di Taman Maccini Sombala

panitia dari Komunitas Makassar Berkebun tak lupa memberikan sedikit games untuk peserta anak-anak Playdate Homeschoing Muslim Nusantara

Komunitas Berkebun Gelar Urban Farming Day di Taman Maccini Sombala - komunitas-berkebun-makassar_20171218_211317.jpg
Taman Maccini Sombala Makassar pagi hingga siang, Sabtu (16/12/2017), diramaikan oleh anak-anak lintas usia bersama ayah bunda dari komunitas Homeschooling Muslim Nusantara (HSMN) wilayah Sulawesi dalam acara Playdate bertema Urban Farming Day
Komunitas Berkebun Gelar Urban Farming Day di Taman Maccini Sombala - komunitas-berkebun-makassar-2_20171218_211304.jpg
komunitas berkebun makassar

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Taman Maccini Sombala Makassar pagi hingga siang, Sabtu (16/12/2017), diramaikan oleh anak-anak lintas usia bersama ayah bunda dari komunitas Homeschooling Muslim Nusantara (HSMN) wilayah Sulawesi dalam acara Playdate bertema “Urban Farming Day”.

Tujuan kegiatan itu untuk membangun kecerdasan naturalis anak sebagai petani kota. Playdate yang merupakan kegiatan bulanan dari HSMN-Sulawesi yang kali ini dipandu oleh Komunitas Berkebun Makassar. Kegiatan berlangsung dengan meriah dan sangat antusias dari para peserta baik dari Member HSMN sendiri ataupun peserta non-member.

Kegiatan diawalai dengan pembukaan oleh MC dari Panitia yang selanjutnya mempersilahkan Koordinator HSMN-Sulawesi Ummu Salamah Chaer (Ummuaidil) untuk memberikan kata sambutan.

Dalam sambutannya, koordinator HSMN-Sulawesi tersebut tak lupa mengucapkan terimah kasihnya kepada koordinator Makassar Berkebun dan TIM atas kesedian mereka menerima, menyembut, membersamai dan mengajarkan ilmu kepada anak-anak Homeschooling yang hadir dalam playdate. Kemudian koordinator HSMN-Sulawesi berharap semoga ilmu yang anak-anak dapatkan dapat bermanfaat di masa yang akan datang.

Acara pun dilanjutkan dengan pemberian materi singkat oleh koordinator Makassar berkebun “bapak Asriadi”, dengan menjelaskan banyak hal yang berkaitan dengan tanam menanam benih dan bibit, serta mengajarkan bagaimana cara membuat tanaman hiasan terrarium, yang intinya mengajak untuk berkebun meski kita hidup ditengah tengah perkotaan.

Sebelumnya peserta playdate sudah terbagi menjadi tiga kelompok, yakni kelompok 1 “Bayam”, kelompok 2 “Sawi”, kelompok 3 “Cabe Rawit”. Masing-masing kelompok didampingi oleh pendamping yang terdiri dari ayah bunda yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Meski hujan pagi itu mengguyur dengan cukup lebat, tidak mematahkan semangat para peserta playdate bahkan dengan sigap mengenakan Jaket Hujan atau pun payung untuk terjun belajar berkebun. Ketiga kelompok pun disebar masing-masing dipandu oleh panitia dari Komunitas Makassar Berkebun.

Peserta pun dijelaskan tentang rangkaian tanaman yang terdiri dari akar,batang,daun,bunga dan buah, kemudian dilanjutkan dengan belajar cara menanam benih diatas bedengan tanah.

Dengan senang hati anak-anak dan ayah bunda bersemangat membersamai ananda bermain lumpur dibawah guyuran hujan sambil menanam benih bersama, kemudian dilanjutkan dengan memanem tanaman sayuran yang sudah siap panen, hasil panen pun dibawa pulang oleh masing masing peserta.

Setelah mandi dan bersih bersih badan, kegiatan dilanjutkan dengan Makan Siang ala Liwet bersama kolompoknya masing-masing. Selapas makan siang, seluruh peserta break Shalat dhuhur berjama’ah di masjid.

Sebelum acara berakhir, panitia dari Komunitas Makassar Berkebun tak lupa memberikan sedikit games untuk peserta anak-anak Playdate Homeschoing Muslim Nusantara, games berhadiah tersebut disambut meriah oleh anak-anak, kemudian dilanjutkan dengan pemberian Sertifikat kepada ananda peserta Playdate HSMN-Sulawesi dan pembagian bingkisan benih dan bibit sayuran.

Setelah seluruh rangkaian acara selesai, kegiatan Playdate HSMN-Sulawesi pun ditutup dengan berpose bersama.(*)

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help