TK TELKOM Gelar Praktik Manasik Haji

Hal yang dilakukan dalam manasik haji anak termasuk niat, sa’i, thawaf, melempar jumrah. Tidak ada kegiatan potong rambut atau bercukur.

TK TELKOM Gelar Praktik Manasik Haji
Istimewa
Manasik Haji Anak TK Telkom Makassar 

Citizen Reporter, Zulfianti, Mahasiswi Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar

Salah satu agenda akhir tahun 2017 TK TELKOM Makassar adalah manasik haji anak. Kegiatan ini bertujuan memunculkan motivasi anak dalam praktik haji setelah sebelumnya dikenalkan empat rukun Islam lainnya dalam berbagai kegiatan.

“Tidak semua. Jadi, manasik haji anak adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji bagian bagian tertentu yang sudah bisa dipraktikkan oleh anak terkait dengan keterbatasan yang dimiliki anak,” ujar ibu Nunu, guru kelas Satelit 3 TK TELKOM Makassar.

Namun, harapannya makna yang terdapat dalam ibadah haji dapat terpahami dengan baik dan semangat berhaji menjadi salah satu visi hidup anak-anak.

Peserta Manasik Haji TK Telkom Makassar
Manasik Haji TK Telkom Makassar - 1 ()

Hal yang dilakukan dalam manasik haji anak termasuk niat, sa’i, thawaf, melempar jumrah. Tidak ada kegiatan potong rambut atau bercukur.

Meskipun tidak semua rukun di jalankan, kegiatan manasik diupayakan semirip mungin dengan kondisi sesungguhnya saat ibadah haji, terutama pakaian ihram yang berwarna putih.

Manfaat Manasik Haji bagi Anak Usia Dini

Bagi anak usia dini, manasik haji diharapkan memberi pengalaman dan kesan awal pelaksanaan ibadah yang kelak menjadi bagian kepribadian anak sesuai tuntunan agama. Selain itu, anak diharapkan mengetahui makna dari setiap rukun haji dan meningkatkan keterampilan beragama mereka.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Thamzil Thahir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help