TribunTimur/

Pilgub Sulsel 2018

Dulu Tebar Baliho Kini Menyepi (1), Haris Baginda Sudah Nikmati Kantor Baru di Jakarta

tiba-tiba Haris menyebar foto dirinya sedang duduk di kursi empuk dalam ruang mewah. Foto ini dia sebar lewat WhatsApp, beberapa hari lalu.

Dulu Tebar Baliho Kini Menyepi (1), Haris Baginda Sudah Nikmati Kantor Baru di Jakarta - haris-baginda-jakarta_20171215_012405.jpg
dok.tribun
Foto Haris Baginda di kantor barunya di Jakarta yang dia sebar awal Desember 2017
Dulu Tebar Baliho Kini Menyepi (1), Haris Baginda Sudah Nikmati Kantor Baru di Jakarta - haris-baginda-jakarta2_20171215_012804.jpg
dok.tribun
Haris Baginda dan kantor barunya

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Abdul Haris Baginda gulung baliho lebih awal dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 ini. Hampir di setiap momen pemilihan kepala daerah (pilkada) di Pulau Sulawesi, nama tiga suku kata ini selalu mengemuka meramaikan bursa.

Kadang Haris muncul sebagai kandidat, konsultan politik, juru bicara tim pemenangan, hingga pengamat politik. Nama Haris bahkan sempat melejit secara nasional menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009.

Tidak seperti dua momen Pilgub Sulsel sebelumnya, Haris redam dini jelang Pilgub Sulsel 2018. Dia hanya muncul beberapa pekan sebagai kandidat.

Haris bahkan mengklaim sebagai pasangan kandidat pertama yang resmi mendeklarasikan diri sebagai bakal calon gubernur-wakil gubernur untuk Pilgub Sulsel 2018. Sebelum deklarasi maju di Sulsel, Haris malah menyiapkan diri maju di Pilgub Sulawesi Tengah (Sulteng) 2018.

Tantang Ichsan YL
Saat semua kandidat masih meraba-raba pasangan dan mengelus partai, Haris sudah tampil deklarasi pasangan.

Pendiri sejumlah lembaga survei itu memutuskan mendeklarasikan diri bersama bakal calon wakil gubernur Irwan Mattuju (IM). Dia tidak sembarang memilih waktu dan tempat deklarasi.

Haris memutuskan deklarasi maju pilgub bersamaan dengan aksi 313 di Jakarta, Jumat (31/3/2017). Tempatnya pun tak lazim, di Masjid Amirul Mukminin, Pantai Losari, Makassar.

Itulah deklarasi pertama pasangan bakal calon Pilgub Sulsel 2017. Pun deklarasi pilgub pertama yang digelar di masjid.

“Saya memilih masjid, selain tentu karena berharap berkah, juga ingin memberi contoh dan mengingatkan perjuangan Baginda Rasulullah Muhammad SAW yang semuanya dipusatkan di masjid,” jelas Haris, beberapa jam setelah deklarasi.

Bendahara Umum HMI Cabang Makassar 1990-1991 itu bertekad mengubah image politisi terhadap masjid. “Jangan jauhkan masjid dari kegiatan politik. Ini salah. Makanya politik kita tidak berkah karena dilarang dilakukan di masjid,” tegas pentolan Korps Alumni HMI (KAHMI) Sulsel itu.

Halaman
1234
Penulis: AS Kambie
Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help