Enjoy Celebes Tribun Timur 2017

Enaknya ke Air Terjun Latuppa saat Musim Ini Tiba

apalagi baru pertamakali hendak menikmati kesejukan alam dan kesegaran Air Terjun Latuppa, sebaiknya menyiapkan bekal

Enaknya ke Air Terjun Latuppa saat Musim Ini Tiba
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Putri Pariwisata Runner II Sulsel 2017, Annisa (18) dan Putri Intellegency Pariwisata Sulsel 2017, Andi Wulandari (18) berpose didepan Air terjun Latuppa saat tim Enjoy Celebes Tribun Timur berada di Kelurahan Latuppa, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, Sulsel, Selasa (14/11/2017). Air terjun tiga tingkatan ini berjarak sembilan kilometer dari Kota Palopo yang merupakan salah satu destinasi wisata andalan Bumi sawerigading. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

MENDENGAR kata “Latuppa” tentu tak asing lagi bagi warga yang berdomisili atau asal Kota Palopo, kota yang berjarak sekitar 390 kilometer dari Makassar, ibu kota Provinsi Sulsel.

Latuppa adalah nama sungai sekaligus nama salah satu kelurahan di wilayah Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo. Latuppa dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Kota Idaman, julukan Kota Palopo, khususnya wisata permandian dan kuliner. 

air terjun latuppa palopo
air terjun latuppa palopo ()

Apalagi saat musim buah, Latuppa menjadi destinasi warga maupun wisatawan berburu buah-buahan khas setempat seperti durian, rambutan, dan langsat yang bisa dinikmati langsung di tempat.

Musim buah di daerah ini biasanya berlangsung dua periode yaitu pada Februari hingga Mei dan pada bulan November.

air terjun latuppa palopo2
air terjun latuppa palopo2 ()

Dulunya, Latuppa hanya menyajikan destinasi permandian di aliran sungai, tetapi kini telah memiliki obyek wisata permandian favorit lainnya yaitu air terjun yang terdapat di tiga titik aliran Sungai latuppa.

Jarak titik air terjun dengan air terjun lainnya berjarak 500 meter dan 1 kilometer. Air terjun di tingkat pertama merupakan obyek wisata yang paling sering disambangi pengunjung.

gazebo air terjun latuppa
gazebo air terjun latuppa ()

Tinggi air terjun ini sekitar empat meter. Di lokasi air terjun pertama ini pengunjung bisa mandi dan berenang.

Perjalanan menuju obyek wisata ini berjarak sekitar 9 kilometer dari Kota Palopo dengan waktu tempuh berkendara sekitar 15 menit. Selanjutnya perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki melewati sungai kecil dan jalan setapak serta menapaki 90 anak tangga.

Baca: Sarat sebagai Daerah Konflik, Yerusalem Ternyata Punya 5 Destinasi Wisata Mengagumkan

Jalur menuju titik air terjun ini memang cukup menanjak, tetapi pengunjung bisa beristirahat dalam perjalanan karena terdapat beberapa tempat beristirahat berupa gazebo sepanjang rute menuju lokasi air terjun.

air terjun latuppa3
air terjun latuppa3 ()

biaya masuk

Berkunjung ke Air Terjun Latuppa juga terbilang murah. Pasalnya, biaya masuk obyek wisata ini hanya Rp 1000 per orang.

Bagi yang ingin berkunjung kesana, apalagi baru pertamakali hendak menikmati kesejukan alam dan kesegaran Air Terjun Latuppa, sebaiknya menyiapkan bekal yang bisa disiapkan dari rumah atau dibeli di wilayah permukiman warga sebab di area air terjun tak ada penjual makanan dan minuman.

air terjun latuppa4
air terjun latuppa4 ()

Akses dari pusat Kota Palopo menuju destinasi ini juga cukup memadai karena jalur kendaraan darat sudah diaspal. Pengunjung bisa menggunakan angkutan umum.(*)

Penulis: Hamdan Soeharto
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help