TribunTimur/
Home »

Opini

Yerusalem Milik Siapa?

Pengakuan ini juga menegaskan langkah Amerika selanjutnya yang akan segera memindahkan Kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Yerusalem Milik Siapa?
Handover
Alumni Megister Ilmu Hukum UGM, Akbar, S.H, LL.M. 

Oleh: Akbar, S.H, LL.M.
Alumni Megister Ilmu Hukum UGM

TRIBUNTIMUR.COM - Konflik panjang antara Israel dan Palestina kembali pasang oleh pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Dia mengumumkan pengakuan wilayah Yerusalem sebagai ibukota Israel di mana wilayah tersebut masih merupakan obyek dari proses perundingan yang belum disepakati oleh Israel dan Palestina.

Pengakuan ini juga menegaskan langkah Amerika selanjutnya yang akan segera memindahkan Kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Hal ini tentu saja disayangkan oleh para pemimpin dunia karena dinilai akan menjadi penghambat terhadap upaya untuk perundingan baru bagi kedua pihak dimana diketahui bahwa perundingan terakhir yang ditengahi oleh AS berakhir tanpa kesepakatan pada tahun 2014.

Sebagaimana dilansir oleh beberapa media internasional dan nasional, pengakuan ini mendapatkan respon kekhawatiran atau kecaman keras dari negara Turki, Inggris, Jerman, Lebanon, Qatar, Mesir, dan Jordania.

Indonesia sendiri, melalui pernyataan Presiden Jokowi, mengecam keras pengakuan AS tersebut karena telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan (DK) dan Majelis Umum (MU) PBB.

Untuk itu, Indonesia akan memintah pertemuan khusus dengan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan meminta PBB untuk segera bersidang terkait pengakuan AS tersebut.

Sementara itu, PBB melalui Sekretaris Jenderalnya Antonio Guterres menyatakan bahwa pengakuan AS ini tidak akan menyelesaikan persoalan Israel dan Palestina.

Karena yang dibutuhkan adalah perundingan langsung antara kedua pihak, “In this moment of great anxiety, I want to make it clear: there is no alternative to the two-state solution. There is no Plan B.”

Halaman
1234
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help