TribunTimur/

SKPD Diminta Perhatikan Kearsipan untuk Tingkatkan Akuntabilitas

Dinas Kearsipan Pemkot Makassar menggelar sosialisasi manajemen arsip statis bagi SKPD, di Hotel Alden, Jl Lasinrang

SKPD Diminta Perhatikan Kearsipan untuk Tingkatkan Akuntabilitas
Handover
Dinas Kearsipan Pemkot Makassar menggelar sosialisasi manajemen arsip statis bagi SKPD, di Hotel Alden, Jl Lasinrang No 6 Makassar, Kamis (7/12/2017).

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja dalam pelayanan di bidang arsip pada SKPD, Dinas Kearsipan Pemkot Makassar menggelar sosialisasi manajemen arsip statis bagi SKPD, di Hotel Alden, Jl Lasinrang No 6 Makassar, Kamis (7/12/2017).

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar H Baso Amiruddin mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangatlah penting artinya dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pengelola arsip.

Arsip merupakan unsur penting dalam lingkup pemerintah yang harus dijaga dan ditingkatkan essensinya dengan melakukan suatu pembinaan dalam pengeloalaan kearsipan

“Kearsipan di setiap SKPD adalah merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam mengelolaan kearsipan tentunya dituntut mengelola dengan sebaik baiknya," kata Baso.

Menurutnya, pegelolaan arsip statis dan dinamis mutlak harus dilakukan karena merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media, sesuai dengan perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi.

“Yang paling mendasar dari pengelolaan arsip adalah ketetapan menggunakan kode klarifikasi surat, karena tanpa menggunakan kode klarifikasi yang tepat tentunya arsip akan kacau,”Jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kearsipan Dinas Kearsipan Kota Makassar Musfida Mustajat, mengatakan tujuan kegiatan adalah untuk mewujudkan tertib administrasi dan tertib arsip dalam rangka memaksimalkan pelayanan publik.

“Melalui Sosialisasi ini kita harap setiap SKPD mampu menata dan mengelola kearsipan secara profesional, sehingga mampu meningkatkan akuntabilits pelayanan di bidang kearsipan,” ucapnya

Sosialisasi kearsipan yang digelar Dinas Kearsipan diikuti 150 orang peserta pengelola arsip dari unsur kelurahan, puskesmas dan sekolah.

Tampil sebagai narasumber yaitu Irsyal Natsir, Hamrani Hambali, dan Andi Bachtiar. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help