TribunTimur/
Home »

Gowa

Jadi Narsum di FGD, IYL Paparkan Kemajuan Sistem Pendidikan di Finlandia

Mantan Bupati Gowa dua periode itu memaparkan tentang hasil kunjungannya ke sejumlah negara pendidikan di Eropa.

Jadi Narsum di FGD, IYL Paparkan Kemajuan Sistem Pendidikan di Finlandia
Handover
Bakal Calon Gubernur Sulsel Ichsan YL hadir sebagai narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD) tentang pengembangan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan di Hotel Sheraton Makassar, Kamis (07/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM,SUNGGUMINASA- Bakal Calon Gubernur Sulsel Ichsan YL hadir sebagai narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD) tentang pengembangan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan di Hotel Sheraton Makassar, Kamis (07/12/2017).

Dihadapan peserta yang hadir mulai dari kalangan pakar pendidikan, Dinas Pendidikan Gowa, Ketua PGRI, Ketua Dewan Pendidikan, serta pemerhati pendidikan Prof Hamid, mantan Bupati Gowa dua periode itu memaparkan tentang hasil kunjungannya ke sejumlah negara pendidikan di Eropa.

"Seperti di Finlandia Kelas 1 di Elementery School murid tak diajarkan membaca dan menghitung, mereka hanya bermain di sekolah. Di kelas 2, ada pelajaran matematika. Itupun hanya simbol-simbol saja yang sederhana dalam menambah, mengurangi atau membagi," katanya.

Selain itu di Jepang, siswa kelas III SMA juga mempelajari sejarah kuliner di negara sakura tersebut.

" Di Gowa juga bagus jika dimasukkan tentang sejarah Gowa. Jangan kuliner karena terlalu banyak nama-nama kuliner kita," ujarnya.

Guru besar Unhas, Prof Dr Aminuddin Ilmar yang juga hadir menilai jika gagasan IYL bisa untuk didorong menjadi kebijakan nasional.

Aminuddin yang juga salah satu penguji IYL di penyusunan disertasi gelar doktor, juga mengakui jika pemaparannya juga memenuhi standar untuk gelar doktor.

"Penyampaian Pak Ichsan, itu juga sudah memenuhi standar (mendapatkan gelar) doktor," tambah Aminuddin yang langsung disambut aplaus.

Kehadiran IYL sebagai narasumber dikarenakan ayah dari Adnan Purichta itu merupakan penggagas SKTB yang sudah diterapkan dan berjalan di Kabupaten Gowa.

SKTB adalah terobosan pendidikan yang pertama diterapkan di Indonesia dengan memprioritaskan pendidikan dasar 12 tahun.

Dilaunching 2011 lalu dan program ini tidak mengenal istilah tinggal kelas.

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help