TribunTimur/

BNN Palopo Ringkus Pasutri Bandar Sabu di Luwu, Ini Barang Buktinya

Kepala BNN Kota Palopo Maximilian Sahase mengatakan, penangkapan lima tersangka narkoba itu sudah direncanakan sejak Februari 2017.

BNN Palopo Ringkus Pasutri Bandar Sabu di Luwu, Ini Barang Buktinya
hamdan soeharto/tribunpalopo.com
Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palopo meringkus lima warga Kabupaten Luwu, di Kompleks Pasar Noling, Kelurahan Noling, Kecamatan Bupon, Selasa (5/12/2017). 

Laporan Wartawan TribunPalopo.com, Hamdan Soeharto

TRIBUNPALOPO.COM, WARA - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palopo meringkus lima warga Kabupaten Luwu, di Kompleks Pasar Noling, Kelurahan Noling, Kecamatan Bupon, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (5/12/2017).

Lima warga itu diringkus lantaran menguasai narkotika jenis sabu. Mereka adalah BI, MIB, YL, RSK, SN. YL adalah seorang wanita yang merupakan istri dari tersangka BI.

MIB, RSK, dan SN bertindak sebagai kurir untuk menjual sabu dari BI. Melalui konferensi pers, Kamis (7/12/2017), Kepala BNN Kota Palopo Maximilian Sahase mengatakan, penangkapan lima tersangka narkoba itu sudah direncanakan sejak Februari 2017.

Pada saat itu personel BNN telah melakukan penyelidikan di Noling Kabupaten Luwu. Penyelidikan memakan banyak waktu. Kemudian pada  2 Desember 2017 titik terang ditemukan bahwa bos narkoba adalah BI yang berada diwilayah itu.

Baca: Diresnarkoba Polda Sulbar Gelar Supervisi di Mapolres Majene, Ini Tujuannya

Baca: Jadi Pengedar Narkoba, Seorang IRT di Tanralili Dibekuk Polisi

Setelah bukti cukup kuat pada 5 Desember 2017 pihak BNN melakukan penggerebekan di kediaman BI. "Jadi begitu kronologinya. Saat kami gerebek BI lagi bersama keempat tersangka lain. Salah satunya adalah istrinya sendiri," kata Maximiliam.

Ia menambahkan, jika kelima tersangka itu merupakan pengedar narkoba lintas provinsi. Jalur penjualannya hingga ke Sulawesi Tengah. "Selain Luwu Raya mereka juga menjual hingga ke Sulawesi Tengah. Meraka mengaku dapat sabu dari Kabupaten Sidrap," tuturnya.

Dari hasil penangkapan itu, BNN berhasil mengamankan barang bukti berupa 100 gram sabu. Jika dirupiahkan, maka nilainya sekitar Rp 130 juta.

Selain itu diamankan juga uang tunai Rp 9,55 juta. Saat ini kelima pelaku itu berada di Kantor BNN Palopo Jl Pemuda, Kecamatan Wara Selatan, untuk pengembangan lebih lanjut.(*)

Penulis: Hamdan Soeharto
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help