TribunTimur/

Rektor UMI Kunjungi Mahasiswa KKN di Puskesmas Mamajang

Sementara itu, kepala Puskesmas Mamajang, dr Amirah dalam sambutannya berterima kasih kepada pimpinan universitas dan khusus pimpinan FK UMI

Rektor UMI Kunjungi Mahasiswa KKN di Puskesmas Mamajang
HANDOVER
Rektor UMI Kunjungi Mahasiswa KKN di Puskesmas Mamajang 

Laporan Wartawan Tribun Timur Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR- Usai mengikuti maulid nabi Muhammad SAW di auditorium Al Jibra, Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, bertolak ke Puskesmas Mamajang, Rabu (6/12/2017) siang.

Kunjungannya bersama para Wakil Rektor tersebut, untuk melakukan kunjungan dan menjenguk para peserta KKN Fakultas Kedokteran di Puskesmas Mamajang Kecamatan Mamajang Makassar. Rombongan diterima oleh Kepala Puskesmas mamajang dr Amirah Mars. Hadir pula sejumlah Kepala Puskesmas se kota Makassar.

Rektor UMI Prof Masrurah dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan KKN bertujuan untuk menumbuh kembangkan empati dan kepedulian sivitas akademika UMI khususnya mahasiswa terhadap berbagai permasalahan yang khususnya di bidang kesehatan yang dihadapi masyarakat melalui kegiatan pengabdian dalam berbagai segi kehidupan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, mewujudkan kesejahteraan dan kesehatan bagi masyarakat.

Ketua Asosiaasi Dosen Indonesia Sulsel berharap para mahasiswa FK yang sedang ber KKN, bisa belajar banyak dari pengalaman-pengalaman yang diperolehnya untuk membentuk pribadi yang tangguh, unggul, berkepribadian mulia, serta dapat menjadi pribadi yang luar biasa.

"Juga diharapkan, agar setiap program yang dilaksanakan tidak hanya kegiatan kerja untuk masyarakat tetapi berisi rangkaian kegiatan
integratif interdisipliner yang dikemas secara strategis untuk menyelesaikan permasalahan secara tuntas dan dilaksanakan bersama masyarakat,"kata Prof Masrurah.

Sementara itu Ketua LPMD UMI, Prof Dr Salim Basamalah yang didampingi Sekretaris LPMD Drs H Abd Rauf Assagaf M.Pd mengatkan bahwa kegiatan yang berlangsung 30 hari ditempatkan di 12 Puskesmas di 11 kecamatan se Kota Makassar, dengan jumlah mahasiswa KKN khusus Fakultas Kedokteran berjumlah 139 orang terdiri atas laki-laki 40 orang dengan wanita 99 orang.

Sementara itu menurut koordinator KKN Fakultas kedokteran UMI, dr Faisal Sommeng bahwa sejak mahasiswa fakultas Kedokteran UMI turun ditengah-tangah masyarakat dengan program KKN sejak tanggal 18 nov 2017, mereka telah melaksanakan beberapa kegiatan sesuai hasil survey kebutuhan masyarakat.

Di antaranya melaksanakan penyuluhan asam urat, rood to school, skrining kusta, penyuluhan P2 Narkoba dan HIV AIDS, penyuluhan cerdik menghindari OA, penyuluhan bantuan hidup dasar, senam prolanis ( program pengelolaan penyakit kronis), peduli kesehatan mata untuk anak sekolah, melakukan pendataan IKS selain itu beberapa kegiatan yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat di 12 puskesmas di kota makassar.

Sementara itu, kepala Puskesmas Mamajang, dr Amirah dalam sambutannya berterima kasih kepada pimpinan universitas dan khusus pimpinan FK UMI atas penempatan mahasiswa FK UMI ber KKN di 12 puskesmas se kota Makassar.

"Anak-anak mahasiswa KKN UMI, luar biasa begitu terampil dan cekatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan sangat membantu program pelayanan kesehatan kepada masyarakat semoga program kerjasama pelibatan mahasiswa KKN UMI dapat terus berlanjut karena kehadiran mereka sangat bermanfaat di tengah-tengah masyarakat,"kata Amirah.(*)

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help